Tunjukkan Penyesalan

Cara ampuh meminta maaf pada pasangan yang pertama adalah dengan menunjukkan rasa penyesalan. Katakan bahwa kamu menyesal telah melakukan kesalahan tersebut. Kamu juga bisa meneteskan air mata dan berjanji tidak akan mengulanginya lagi.

Tunjukkan Penyesalan
source: https://www.fimela.com/

Meminta Maaf dengan Ikhlas

Cara selanjutnya, sebaiknya permintaan maaf dilakukan penuh dengan keikhlasan dan ketulusan. Kesampingkan dulu semua ego, rasa malu, dan gengsi yang menyelimuti diri, lalu sampaikan permintaan maaf yang tulus dari dalam hati. Jelaskan apa yang sebenarnya terjadi tanpa terkesan berlebihan. Beri juga alasan lengkap mengapa hal tersebut bisa terjadi tanpa ada yang ditutup-tutupi. Ingat, usahakan untuk tidak membela diri karena ditakutkan justru akan menambah runyam permasalahan 

Meminta Maaf dengan Ikhlas
source: http://ciricara.com/
baca juga

Akui Kesalahan

Cara meminta maaf pada pasangan selanjutnya adalah dengan berbesar hati untuk minta maaf lebih dulu dan mengakui kesalahan. Meskipun pemicu pertengkaran bukanlah Mommies. Ketika kamu berani melakukan suatu kesalahan, baik itu dengan sengaja maupun tidak, seharusnya kamu juga punya nyali untuk meminta maaf dan mengakui kesalahan tersebut. Begitu, bukan? Jadi jangan biarkan masalah berlarut-larut ya.

Akui Kesalahan
source: https://aura.tabloidbintang.com/

Beri Penjelasan Perlahan

Ketika marah biasanya emosi seseorang cenderung tidak stabil. Jadi pasanganmu akan sangat mudah tersinggung dan sangat sensitif. Maka dari itu, jika hendak memberikan penjelasan sebaiknya menggunakan tutur kata yang lembut dan pelan-pelan. Jangan terburu-buru. Jadi pasangan akan lebih mudah mencerna meski dalam keadaaan marah.

Beri Penjelasan Perlahan
source: https://womantalk.com/
baca juga

Beri Jeda Waktu

Ketika marah, biasanya seseorang membutuhkan jeda waktu sendiri untuk berpikir dan menjernihkan pikiran. Kamu tidak bisa memaksa pasangan untuk memaafkan detik itu juga. Alih-alih memaafkan, memaksa memberikan maaf malah akan membuat kondisi menjadi lebih rumit. Jadi biarkan pasanganmu menyendiri dulu, hargai keputusannya. Beri ia waktu untuk berpikir dan menenangkan diri. Jika ia sudah menunjukkan tanda-tanda ingin berdamai, barulah kamu boleh kembali mendekatinya.

Beri Jeda Waktu
source: https://today.line.me/

Nah, itu tadi 5 tips meminta maaf pada pasangan agar hubungan Moms dan Dads selalu akur dan langgeng nantinya. Berlarut-larut dalam amarah bukan hal baik untuk sebuah hubungan. Jadi jangan ragu lagi. Jika memang merasa bersalah, jangan pernah gengsi untuk meminta maaf. Sebaliknya jika pasangan meminta maaf, sebaiknya segera maafkan. Ingat ya, dibalik hubungan yang awet terdapat dua orang yang bergantian meminta maaf dan saling memaafkan.