Mengalami gatal pada kulit kepala sangat mengganggu ya, moms. Apalagi ketika rasa gatal datang di situasi yang tidak tepat. Seperti saat meeting, kumpul bersama keluarga atau saat acara resmi. Tentu ini membuat moms serba salah. Dan mau tidak mau menahan tangan untuk tidak menggaruk selalu menjadi pilihan. Jika terjadi selalu seing fokus moms tentu akan mudah terpecah, aktivitas sehari-hari pun terganggu.

Gatal pada kulit kepala biasanya disebabkan oleh rambut yang mulai kotor, kulit kepala kering ataupun ketombe. Ini juga bisa membuat gatal tak karuan pada kepala. Jika Anda mengalami ini, moms tak perlu terburu-buru untuk menuju salon mahal dengan berbagai macam produk perawatan yang jauh dari kata alami.

Hal ini karena moms bisa mengatasinya dengan memanfaatkan bahan-bahan alami yang mudah didapatkan di sekitar anda. Berikut bahan-bahan alami  yang bisa mengatasi kulit kepala gatal.

Lidah Buaya

Bukan jadi rahasia lagi ya moms kalau lidah buaya memiliki banyak khasiat untuk kesehata rambut dan kulit kepala. Mengandung emolien lidah buaya dapat mengembalikan kelembapan pada kulit kepala yang kering. Sehingga rasa gatal pada kulit kepala pun hilang. Cara menggunakannya juga cukup mudah. Anda cukup memtong lidah buaya ambil bagian jel atau dagingnya. Kemudian aplikasikan ke kulit kepala. Diamkan selama 20 menit dan bilas rambut menggunakan air bersih.

Lidah Buaya
baca juga

Minyak Kelapa

Tak kalah manfaat, minyak kelapa juga ampuh hilangkan rasa gatal pada kulit kepala yang diakibatkan oleh kulit kering dan ketombe. Selain itu, menggunakan minyak yang satu ini secara rutin dapat membuat rambut lebih halus, karena sifatnya yang dapat melembapkan rambut secara alami. Rasa gatal pun sirna, rambut moms akan tampak lebat dan lurus.

Moms bisa mengaplikasikannya dengan mengoleskan minyak kelapa pada kulit kepala. Pijat sebentar lalu diamkan 20 menit. Memang sedikit berminyak, namun ini akan hilang setelah moms mencuci bersih rambut  setelah menggunakannya.

Minyak Kelapa

Cuka Apel

Mengandung anti-inflamasi cuka apel ampuh bunuh jamur dan bakteri penyebab kepala gatal. Selain itu sifat asam pada cuka apel berkhasiat menyeimbangkan ph pada kulit kepala. Moms bisa menggunakan cuka apel dengan menempatkan cuka pada botol spray.

Jangan lupa sebelum digunakan campur cuka dengan air bersih. Perbandinganya 1:1 kemudian kocok agar tercampur. Cuka apel siap digunakan. Semprotkan cuka pada kulit kepala dan diamkan 20 menit dalam setiap pengaplikasiannya. Lalu bilas rambut secara bersih. Untuk hasil maksimal gunakan setiap hari.

Cuka Apel
baca juga

Baking soda

Baking soda punya banyak manfaat termasuk menghilangkan rasa gatal pada kepala. Sodium berkarbonat ini ampuh usir ketombe karena jamur. Dalam menggunakan bahan ini cukup mudah,yakni denganmengoleskan pasta baking soda pada kulit kepala yang sebelumnya sudah diolesi minyak zaitun. Diamkan selama 10-15 menit agar meresap. Setelah itu bilas rambut secara bersih. Rasa gatal hilang moms pun dapat tampil lebih percaya diri.

Baking soda

Perasan Air Lemon

Tak hanya baik untuk kesehatan tubuh. Air lemon juga bisa usir gatal pada kepala moms. Mengandung antiseptik, lemon ampuh obati gatal pada kulit kepala kering. Moms bisa langsung mengaplikasikannya air lemon pada kulit kepala dan bilas setelah didiamkan selama 5 menit. Selain itu moms juga bisa menambahkan yogurt pada perasan air lemon. Kombinasi keduanya juga ampuh basmi gatal yang mengganggu.

Perasan Air Lemon

Pisang

Mengandung zat antimikroba buah pisang dapat menjaga kesehatan kulit kepala. Kandungannya juga dapat  melembapkan kulit kepala kering, yang sering memicu timbulnya rasa gatal. Moms bisa memetik manfaat buah pisang dengan mengaplikasikan buah pisang yang sudah dihaluskan dan dicampur minyak zaitun ke kulit kepala. Setelah 10-15 menit bilas rambut dengan air bersih.

Pisang