Menjalani Peran Orangtua di Usia Lebih Dewasa

Karena banyak alasan, termasuk urusan finansial, perjalanan karir, keinginan traveling dan berkelana serta masih banyak lagi alasan, orang dewasa muda di era millennials cenderung menjalani peran orangtua di usia yang lebih dewasa dibandingkan dengan generasi sebelumnya. Akses pada penggunaan alat kontrasepsi yang lebih baik, disertai dengan pilihan sadar kapan harus mulai berkeluarga, telah membantu meningkatkan rata-rata usia kehamilan pertama. Hal ini tentu mengubah banyak hal dari segi kesiapan mental dan karakter sebagai orangtua.

Kekinian Banget, Ini 5 Style Parenting Orangtua Millennials
source: https://www.thinkwithgoogle.com/


Orangtua Banyak Berbagi di Media Sosial

Media sosial adalah bagian dari kehidupan setiap orang di generasi millennial. Jangan heran jika ada banyak sekali postingan atau unggahan mengenai pengasuhan dan perkembangan anak di media sosial yang dimiliki oleh orangtua millennials. Berdasarkan survey, 81% orangtua millennial pernah mengunggah foto anak-anak mereka di media sosial. Hal ini tentu jauh berbeda dengan 47% orangtua di era Baby Boomers yang mengunggah foto anak mereka.

Selain itu, blog pengasuhan anak, yang dimulai pada awal 2000-an, kini sudah mudah ditemukan di mana-mana. Topik yang diangkat pun semakin lengkap. Mulai dari kebiasaan tidur anak hingga perjalanan keluarga. 

Kekinian Banget, Ini 5 Style Parenting Orangtua Millennials
source: https://www.att.com/
baca juga


Memberikan Nama Unik dan Langka

Orangtua di era baby boomer cenderung memberi nama anak-anak mereka dengan nama yang familiar di lingkungan masyarakat sehingga nama anak-anak mereka cenderung sama satu dengan lainnya. Namun, tidak dengan orangtua di era millennials yang lebih senang mencari nama unik dan berbeda dari nama-nama anak lainnya.

Kekinian Banget, Ini 5 Style Parenting Orangtua Millennials
source: https://www.romper.com/


Kaya dengan Informasi Parenting

Generasi Millenial memiliki sumber daya yang sangat besar sebagai sumber informasi dan kiat mengasuh anak dengan adanya internet, media sosial, dan akses informasi yang sangat cepat dan mudah. Jangan heran jika mereka bisa dengan sangat cerdas mengetahui penanganan-penanganan hal-hal sederhana tentang anak-anak hanya dengan banyak membaca artikel di internet.

Kekinian Banget, Ini 5 Style Parenting Orangtua Millennials
source: http://www.kindercare.com/
baca juga


Lebih Banyak Waktu Keluarga

Orangtua di era millennial lebih produktif dan sibuk dengan cara mereka sendiri. Namun, dengan pemahaman yang baik mengenai pentingnya meluangkan waktu untuk keluarga membuat mereka mampu menyisihkan lebih banyak waktu untuk keluarga. Bagi mereka, family time adalah prioritas utama yang harus diberikan demi memberikan dukungan tumbuh kembang yang optimal bagi anak.

Kekinian Banget, Ini 5 Style Parenting Orangtua Millennials
source: https://www.earlytorise.com/


Nah, itulah beberapa hal terkait style parenting orangtua millenials yang berbeda dengan orangtua di generasi sebelumnya. Setuju enggak, Moms?