Penyebab Tumor Payudara

Sebelum mengetahui apa penyebab tumor payudara, Moms harus tahu lebih dulu apa itu tumor payudara. Tumor adalah istilah dalam dunia kedokteran yang menandai adanya benjolan pada jaringan maupun organ tertentu. Tumor tidak sama dengan kanker ya, Moms. Kanker merupakan suatu benjolan (tumor) yang bersifat ganas yang berkembang secara pesat, tidak terkendali serta menginvasi (menyebar) organ di sekitarnya atau organ lain yang jauh tempatnya melalui aliran darah atau limfe.

Tumor payudara bisa muncul karena beberapa sebab Moms, apa saja? Penyebab tumor payudara atau benjolan pada payudara dapat dibagi menjadi beberapa jenis.

Fibroadenoma Mamae (FAM)
Tumor jenis ini memiliki karakteristik benjolan yang kenyal, keras, halus, kencang, berbatas tegas dan dapat digerakan (mobile). Tumor yang biasa dijumpai pada wanita muda usia sekitar 15 – 35 tahun ini disebabkan ketika tubuh membentuk jaringan kelenjar susu berlebihan. Umumnya tumor FAM memang dapat hilang dengan sendirinya, tapi terkadang dapat juga menetap dan membesar.

Kista Payudara 
Kista payudara adalah suatu benjolan pada payudara yang merupakan kantung berisi cairan, yang dimana benjolan ini biasanya tidak bersifat kanker (jinak). Kista dengan karakteristik seperti anggur yang berisi air dan dapat terasa keras ini bisa timbul sendiri atau berkelompok, dan bisa terdapat pada satu atau kedua payudara.

Penyebab Tumor Payudara
source: https://www.deherba.com/

Payudara fibrokistik 
Jenis tumor yang satu ini umumnya dialami oleh wanita dengan rentang usia 20-50 tahunan. Munculnya tumor ini disebabkan oleh perubahan payudara menjadi jaringan fibrokistik yang kemungkinan disebabkan oleh faktor perubahan hormonal terutama hormon estrogen. Payudara fibrokistik ini biasanya tidak memiliki gejala, namun pada beberapa wanita juga muncul gejala tumor payudara seperti: kebas, tidak nyaman dan nyeri terutama di daerah payudara bagian atas.

Nekrosis lemak 
Nekrosis lemak merupakan suatu tumor jinak yang disebabkan oleh rusaknya jaringan lemak di payudara. Nekrosis lemak lebih tinggi risikonya pada wanita-wanita yang memiliki payudara besar dibandingkan dengan wanita dengan ukuran payudara yang kecil. 

Papiloma Intraduktal 
Papiloma intraduktal adalah tumor yang sifatnya jinak dan berasal dari tumor kecil pada saluran susu di payudara. Tumor jenis ini muncul karena terbentuk dari kelenjar, jaringan fibrosa, dan pembuluh darah. Papiloma Intraduktal paling sering terjadi pada wanita antara usia 35 sampai 55 tahun.

Kanker Payudara 
Kanker payudara merupakan tumor ganas dari payudara yang terbentuk dari sel-sel payudara itu sendiri dan menyebar serta menyerang organ tubuh lain. Kanker payudara dapat terjadi baik pria maupun wanita, tetapi paling sering terjadi pada wanita.

Gejala Tumor Payudara

Biasanya Moms, selain terdapat benjolan pada sekitar payudara, ada gejala lain yang bisa ditimbulkan akibat tumor payudara, diantaranya seperti demam, ruam kemerahan, nyeri dibagian puting atau aerola, dan terkadang keluar cairan dari puting apabila disertai dengan infeksi sekunder.

Gejala Tumor Payudara
source: https://www.alodokter.com/
baca juga

Pengobatan Tumor Payudara

Moms, pengobatan tumor payudara dilakukan sesuai dengan diagnosa penyakit ini, apakah tumor payudara tersebut bersifat jinak atau ganas. Untuk tumor-tumor yang bersifat jinak seperti Fibroadenoma Mamae, biasanya dokter akan menyarankan untuk melakukan tindakan pengangkatan tumor dengan tindakan pembedahan atau operasi. Sedangkan untuk tumor ganas biasanya selain dengan tindakan operasi, dokter juga akan menyarankan pasien untuk melakukan tindakan kemoterapi atau kemoradiasi.

Pengobatan Tumor Payudara
source: https://www.alodokter.com/

Nah Moms, itu tadi penyebab, gejala, dan cara pengobatan tumor payudara yang wajib Moms ketahui sejak dini untuk penanganan yang lebih cepat. Semoga informasi ini bermanfaat, Moms.