Kelebihan Transaksi Cashless

Lebih Praktis, Sih! Tapi Ketahui Dulu Kelebihan dan Kekurangan Transaksi Cashless
​​​​​​
1. Mudah dan cepat.
Transaksi cashless bisa dilakukan dengan kartu maupun penyedia jasa aplikasi. Tak perlu terlalu lama menghitung uang apalagi membawa uang tunai terlalu banyak, karena kini transaksi secara cashless cukup melakukan satu kali sentuhan, gesekan maupun scan barcode yang tersedia. Enggak nyampe 5 menit, pembayaran udah selesai!

2. Mengurangi risiko perampokan. Pernah enggak sih Moms merasa was-was setelah melakukan penarikan uang di ATM? Transaksi cashless dapat jadi solusinya nih, Moms. Meskipun tidak semua pembelian bisa dilakukan sistem cashless, namun sistem ini bisa meminimalisir Moms untuk mengambil uang terlalu banyak yang bisa menarik perhatian perampok.

3. Mudah saat traveling ke Luar Negeri. Perbedaan mata uang saat pergi berlibur ke Luar Negeri menjadi suatu kendala tersendiri. Di mana Moms harus melakukan penukaran uang rupiah menjadi mata uang sesuai negara yang dituju. Sudah malas melakukan hal tersebut? Lagi-lagi, transaksi cashless dengan kartu maupun aplikasi bisa jadi solusinya. Pasalnya aplikasi maupun beberapa akun bank akan langsung menyesuaikan dengan mata uang negara yang kita tuju.

Kekurangan Transaksi Cashless

Lebih Praktis, Sih! Tapi Ketahui Dulu Kelebihan dan Kekurangan Transaksi Cashless

1. Kurangnya pengendalian diri. Selain mudah dan cepat, melakukan transaksi cashless juga didorong karena banyaknya promo-promo merchants yang ditawarkan. Mulai dari promo 'buy 1 get 1' hingga cashback hingga 70% membuat transaksi cashless terlihat lebih hemat. Padahal, justru karena banyaknya promo-promo ini, Moms malah sulit untuk mengendalikan diri dari keinginan berbelanja.

2. Ada batasan nominal. Meskipun banyak promo menarik dan bisa dilakukan sesuka hati. Transaksi cashless biasanya memiliki batasan nominal penggunaan tiap hari bahkan tiap bulannya. Tidak sebebas saat melakukan transaksi dengan uang tunai. Tentu saja Moms bisa meningkatkan batasan nominal hariannya, namun dengan beberapa syarat yang harus dipenuhi.

3. Berpotensi terserang cyber dan pemblokiran. Transaksi cashless terutama lewat aplikasi, mengharuskan perangkat kita untuk selalu tersambung dengan koneksi internet. Tanpa disadari, hal ini bisa memicu kejahatan cyber seperti pencurian data atau hack yang akan berpengaruh terhadap akun yang Moms miliki. Selain itu, bisa juga terjadi pemblokiran secara tiba-tiba jika transaksi yang dilakukan menunjukkan kecurigaan.

Nah, sekarang sudah tahu kan tentang kelebihan maupun kekurangan transaksi cashless. Apapun jenis transaksi yang Moms pilih, sebaiknya dilakukan secara bijak ya. Semoga bermanfaat!