1. Cheddar

Gak Cuma Mozarella, Ini 5 Jenis Keju yang Populer di Indonesia

Keju cheddar berasal dari Negara Amerika Selatan dan Inggris. Keju ini sangat populer di dunia bahkan sudah menjadi keju paling lumrah dipasaran. Oleh karena itu, keju cheddar lebih mudah untuk ditemukan di pasaran dengan harga yang relatif murah. Memiliki rasa yang cenderung lebih asin bahkan sangat asin membuat keju cheddar ini cocok untuk dijadikan topping.

2. Parmesan

Gak Cuma Mozarella, Ini 5 Jenis Keju yang Populer di Indonesia

Keju parmesan adalah keju yang berasal dari Itali. Keju ini lebih padat dan keras jika dibandingkan dengan keju cheddar pada umumnya. Hasil parutan keju parmesan cenderung menyerupai serbuk. Karena berasal dari Itali, keju ini selalu dijadikan bahan untuk saus pasta yang kental dan gurih. Keju parmesan cocok untuk ditaburkan pada semua jenis makanan mulai dari pasta, pizza, salad buah dan kue kering sekali pun.

baca juga

3. Edam
Gak Cuma Mozarella, Ini 5 Jenis Keju yang Populer di Indonesia

Memasuki area supermarket terutama bagian produk susu dan keju, pastinya pernah dong melihat keju dengan bentuk seperti potongan apel? Namun nyatanya, itu bukan apel melainkan keju. Ya, keju edam. Keju ini merupakan keju tradisional dari Belanda. Kegunaannya lebih banyak dijadikan untuk campuran bahan kue kering seperti kue kastengles. Hasilnya, kue kering apapun yang ditambahkan keju edam ke dalam adonannya akan terasa lebih gurih dan renyah.

4. Mozzarella

Gak Cuma Mozarella, Ini 5 Jenis Keju yang Populer di Indonesia

Pasti sudah tidak asing lagi dong dengan jenis keju yang satu ini. Banyaknya inovasi kuliner yang menyertakan keju ini pada setiap sajiannya membuat popularitas keju mozzarella semakin meroket. Sebut saja stick mozzarella, bakso isi mozzarella, ayam geprek mozzarella, sate taichan mozzarella dan banyak jenis makanan lainnya yang menambahkan mozzarella untuk menarik perhatian.

Namun sebenarnya, keju mozzarella sudah lebih dulu digunakan pada kuliner terutama dalam dunia pizza. Rasanya yang gurih tanpa rasa asin yang berlebihan membuat keju ini tidak meninggalkan rasa enek saat memakannya.

Selain lezat, keju mozzarella sangat baik untuk kesehatan tulang. Tak hanya itu, dari sekian banyak keju, ternyata keju mozzarella adalah keju yang paling mudah dicerna tubuh. Namun meskipun begitu, kalori dari keju mozzarella juga tergolong tinggi. Lebih bijak dalam mengkonsumsinya ya, Moms!

baca juga

5. Cream Cheese

Gak Cuma Mozarella, Ini 5 Jenis Keju yang Populer di Indonesia

Cream cheese atau krim keju adalah salah satu produk olahan susu yang populer. Terlebih, cream cheese ini banyak digunakan dalam dessert manis kekinian. Rasanya yang gurih dan teksturnya yang lembut membuat cream cheese ini banyak digemari oleh anak kecil. Meskipun begitu, cream cheese ini menganduk lemak yang cukup tinggi.

Setidaknya ada 33% lemak yang terdapat dalam cream cheese dengan kadar air tidak lebih dari 55%. Cream cheese ini selain digunakan sebagai olesan untuk kue seperti cheese cake, red velvet, roti dll bisa juga dijadikan ditambahkan sebagai float di atas minuman favorit.