1. Tree Pose

Tanpa Bantuan Alat, 4 Gerakan Yoga Ini Bisa Bantu Perbaiki Postur Tubuh

Tree pose merupakan gerakan paling dasar saat yoga. Gerakan ini melatih keseimbangan tubuh juga membantu memperbaiki postur tubuh yang salah. Caranya cukup berdiri tegak lalu angkat satu kaki dan rapatkan pada kaki satunya. Posisikan tangan di depan dada, ikuti seperti gambar di atas. Atur nafas dan tetap mengontrol setiap gerakannya. Lakukan selama 45 detik lalu ganti dengan kaki yang sebaliknya. Agar lebih relaks, Moms bisa melakukan gerakan ini dengan mata tertutup dengan diiringi musik yang menenangkan.

2. Warrior Pose I

Tanpa Bantuan Alat, 4 Gerakan Yoga Ini Bisa Bantu Perbaiki Postur Tubuh

Gerakan kedua adalah warrior pose I. Gerakan ini sangat baik untuk mengembalikan posisi tulang belakang dan melatih kekuatan kaki. Tak hanya itu, gerakan ini juga sangat baik untuk peregangan otot betis sehingga dapat mengurangi kaki keram. Posisi kan satu kaki di depan dan tekuk hingga membentuk sudut 90°. Rentangkan tangan ke atas sehingga tubuh bagian samping ikut mengalami peregangan. Usahakan agar punggu tetap tegak. Lakukan gerakan serupa pada posisi sebaliknya. Tahan selama 45 detik sebelum lanjut ke gerakan lainnya.

baca juga

3. Warrior Pose II

Tanpa Bantuan Alat, 4 Gerakan Yoga Ini Bisa Bantu Perbaiki Postur Tubuh

Tidak berbeda jauh dengan gerakan sebelumnya, hanya saja untuk gerakan warrior pose II hadapkan tubuh ke depan seperti akan melakukan side lunge. Jangan lupa untuk merentangkan kedua tangan ke samping. Atur nafas dan kontrol setiap gerakan. Usahakan agar posisi punggi tetap tegak. Lakukan pada arah sebaliknya. Tahan selama 45 detik lalu istirahat selama 15 detik sebelum ke gerakan selanjutnya.

4. Cobra Pose

Tanpa Bantuan Alat, 4 Gerakan Yoga Ini Bisa Bantu Perbaiki Postur Tubuh

Gerakan terakhir yaitu Cobra pose. Seperti namanya, gerakan ini terinspirasi dari posisi ular cobra yang menengadah ke atas. Selain memperbaiki postur tubuh, cobra pose juga sangat baik untuk mengurangi rasa sakit dipunggung bagian bawah terutama bagi Moms atau Dads yang bekerja di depan komputer dan duduk seharian. Posisikan tubuh tengkurap di atas matras. Angkat tubuh dengan kedua tangan. Rasakan otot punggung, bokong dan paha lebih rileks daripada sebelumnya. Atur nafas dan lakukan selama 45 detik.

Nah itulah beberapa gerakan yoga yang bisa membantu memperbaiki postur tubuh. Lakukan secara perlahan tanpa terlalu memaksakan tubuh. Bisa dijadikan rutinitas sebelum atau setelah pulang kantor. Selamat mencoba, Moms!