1. Big Toe Pose

4 Gerakan Yoga Untuk Kurangi Konstipasi, Bisa Dilakukan Secara Rutin Nih!

Sebelum masuk ke gerakan-gerakan inti, ada baiknya untuk melakukan pemanasan ringan terlebih dahulu. Salah satu yang bisa dilakukan yaitu gerakan big toe pose. Caranya, berdiri tegak dengan posisi kaki tertutup. Secara perlahan-lahan, turunkan tubuh seperti akan mencium lutut. Meskipun terlihat sederhana, gerakan ini cukup sulit karena membutuhkan kelenturan tubuh yang tinggi.

Moms bisa melakukan secara bertahap tanpa harus langsung mencium lutut. Big toe pose sangat baik untuk memijat organ bagian dalam terutama usus sehingga dapat merangsang kerja usus besar menjadi lebih baik. Tahan dan lakukan selama 45 detik.

2. Bridge Pose

4 Gerakan Yoga Untuk Kurangi Konstipasi, Bisa Dilakukan Secara Rutin Nih!

Gerakan kedua yaitu bridge pose. Baringkan tubuh di atas matras, lipat kedua kaki lalu angkat bagian perut ke atas. Usahakan agar lutut, paha, perut, dada dan bahu membentuk garis lurus. Meskipun gerakan ini akan terasa melelahkan dibagian perut, pinggung dan bokong namun gerakan ini sangat patut untuk dicoba. Selain dapat menormalkan sistem pencernaan, bridge pose juga baik untuk melatih bagian core dan membentuk bokong menjadi lebih indah. Tahan dan lakukan selama 45 detik sambil mengatur nafas.

baca juga

3. Downward Facing Dog

4 Gerakan Yoga Untuk Kurangi Konstipasi, Bisa Dilakukan Secara Rutin Nih!

Gerakan selanjutnya adalah Downward Facing Dog atau posisi anjing membungkuk. Lakukan gerakan ini seperti pada gambar di atas lalu tahan selama 45 detik sembari mengatur nafas. Tak hanya membantu mengatasi konstipasi, gerakan ini juga sangat baik untuk melatih kekuatan tangan, bahu, dan betis. Jika Moms sering merasa sakit dibagian punggung, gerakan ini juga bisa membantu merelaksasi punggung bagian bawah. Selain itu, gerakan ini juga memungkinkan untuk melancarkan peredaran darah ke otak sehingga otak bisa mendapatkan oksigen lebih banyak.


4. Hero Pose
4 Gerakan Yoga Untuk Kurangi Konstipasi, Bisa Dilakukan Secara Rutin Nih!

Gerakan terakhir yaitu hero pose. Caranya, ambil dan gulung handuk berukuran besar lalu jadikan sebagai bantalan duduk. Lebih mudahnya, gerakan ini seperti duduk diantara dua sujud hanya saja menggunakan bantuan handuk sebagai ganjalan. Hero pose bertujuan untuk mengistirahatkan sistem pencernaan agar bisa kembali berjalan dengan baik. Usahakan agar punggung tetap lurus. Tahan dan lakukan selama 45 detik sambil mengatur nafas.