Perbedaan Nifas, Haid & Istihadhah Serta Cara Bersucinya. Cari Tahu Yuk, Moms!

Pengertian Nifas, Haid & Istihadhah

Menurut ustadzah Aini Aryani, Lc dalam wawancara dengan Muslimah Daily menjelaskan jika nifas adalah darah yang keluar setelah seorang wanita melahirkan atau ketika usai keguguran. Khusus untuk ibu yang melahirkan sesar, terjadi nifas juga lho moms walau bayi keluar melalui operasi, hanya saja durasinya mungkin lebih singkat.

Untuk lamanya nifas dapat terjadi dalam sekejab asalkan darah keluar setelah bayi dilahirkan. Bahkan menurut ustadzah Aini walau darah yang keluar hanya setetes setelah bayi lahir maka itu disebut nifas. Dan untuk waktu terlamanya menurut mazhab syafi’i dan maliki maksimal nifas bisa berlangsung 60 hari, tapi umumnya para ulama berpendapat bahwa nifas maksimal hanya 40 hari.

Perbedaan Nifas, Haid & Istihadhah Serta Cara Bersucinya. Cari Tahu Yuk, Moms!

Sedangkan haid adalah darah yang keluar karena organ kewanitaan sudah siap bereproduksi. Siklus haid biasanya rata-rata terjadi setiap 28 hari. Adapun waktu terpendeknya sehari semalam dan waktu terlamanya 15 hari.

Nah, lalu apa yang dimaksud istihadhah? Istihadhah adalah darah yang keluar dari rahim melalui kemaluan namun bukan haid atau nifas. Secara medis istihadhah disebut Dysfunctional Uterine Bleeding (DUP) atau pendarahan tidak normal di luar siklus menstrulasi. Istihadhah disebabkan biasanya karena gangguan fungsi pengaturan hormon. Namun hal ini bukan karena gangguan organ dalam ya moms, jadi tidak perlu khawatir.

Untuk dapat mengetahui itu istihadhah atau bukan sebenarnya cukup sederhana ya moms. Jika moms mengalami haid atau nifas lebih dari jangka waktu yang di tentukan, itu artinya moms sudah terkena hukum mustahadhah atau hukum orang yang sedang istihadhah.

baca juga
Perbedaan Nifas, Haid & Istihadhah Serta Cara Bersucinya. Cari Tahu Yuk, Moms!

Cara Bersuci dari Nifas, Haid & Istihadhah

Walau sama-sama darah yang keluar dari rahim melalui kemaluan tapi nifas, haid dan istihadhah memiliki perbedaan status. Untuk nifas dan haid bisa dimasukan hadas besar sedangkan istihadhah bukan. Maka dari itu cara bersuci dari nifas adalah dengan mandi janabah, hal ini juga bisa dilakukan saat moms sedang haid.

Dan untuk istihadhah karena bukan termasuk hadas besar maka moms tidak perlu mandi janabah atau bersuci, karena seorang perempuan mengalami istihadhah masih bisa sholat dan puasa, thawaf, tilawatil quran dan melakukan hal-hal yang dilarang saat nifas ataupun haid.

Walaupun demikian sesungguhnya wanita istihadhah berbeda dengan wanita suci ya moms, terutama kaitanya dalam sholat. Jika wanita dalam keadaan suci bisa sekali wudhu untuk beberapa sholat. Maka wanita istihadhah harus selalu memperbarui wudhu dan membersihkan kemaluanya saat akan sholat untuk menjaga kesuciannya.

Demikianlah penjelasan mengenai nifas, haid dan istihadhah ya moms. Diharap dengan mengetahui perbedaan ketiganya moms makin yakin tentang kondisi suci atau tidak terutama kaitanya dengan ibadah, terutama sholat.