Penyebab berat badan susah bertambah:

  1. Pola makan yang tidak cukup kalori
  2. Kurang salah satu zat gizi, misalnya karbohidrat, lemak, dan lain sebagainya
  3. Berlebihan dalam berolahraga
  4. Stress
  5. Genetik (faktor turunan)
  6. Penyakit kronis seperti gangguan hormonal, hipertiroid, diabetes, kanker, asma,
  7. Gangguan anatomi tubuh misal mengalami sulit menelan
Berat Badan Susah Naik Walau Makan Banyak? Mungkin Ini Penyebabnya

Lalu, apa yang bisa dilakukan untuk menambah berat badan?
 
Memeriksakan penyakit
Pertama, apabila berat badan susah bertambah karena adanya penyakit, terlebih dahulu obati atau kendalikan penyakit tersebut. Periksakan ke dokter jika moms merasa tubuh terlalu kurus meski sudah makan banyak.
 
Jaga pola makan yang tepat dengan gizi seimbang
Perbanyak konsumsi syauran, buah-buahan, kacang-kacangan, serta sumber protein tanpa lemak seperti tahu, tempe, ayam tanpa kulit, atau yang lain. Yang terpenting dalam usaha menambah berat badan adalah keteraturan jam makan. Akan lebih efektif jika makan meskipun dalam porsi sediki tapi lebih sering seperti 5-6 kali dalam sehari, daripada langsung makan dalam porsi besar tapi hanya 2 atau 3 kali dalam sehari.

Berat Badan Susah Naik Walau Makan Banyak? Mungkin Ini Penyebabnya

Olahraga
Beberapa orang mungkin berolahraga untuk program diet atau menurunkan berat badan, sehingga sering kali bagi orang kurus enggan untuk berolah raga karena khawatir akan semakin kurus. Padahal faktanya, olahraga ialah salah satu cara untuk menambah nafsu makan, sebab ia merupakan aktivitas untuk memperbaiki metabolisme tubuh. Sehingga meskipun baik dalam membakar lemak olahraga juga baik dalam pembentukan massa otot. Kombinasikan antara olahraga aerobik dan anaerobik, seperti latihan angkat beban.
 
Istirahat
Tidur atau istirahat cukup, serta hindari keseringan begadang. Sebab, kurangnya waktu istirahat dapat mengganggu metabolisme tubuh sehingga tidak dapat bekerja dengan baik.
 
Kendalikan stress dengan baik
Sebenarnya, ada dua kemungkinan yang terjadi ketika seseorang mengalami stress, yaitu berat badan semakin bertambah dan semakin menurun. Perbedaan kemungkinan tersebut dikarenakan tubuh setiap orang memiliki respon yang berbeda pada stress. Ada yang ketika stress nafsu makan bertambah, ada pula yang semakin menurun. Maka dari itu, untuk menjaga berat badan usahakan memiliki cara tepat untuk mengendalikan stress dengan baik.

baca juga
Berat Badan Susah Naik Walau Makan Banyak? Mungkin Ini Penyebabnya

 Makanan yang baik dikonsumsi untuk menaikkan berat badan

Makanan yang baik untuk menaikkan berat badan adalah makanan yang mencakup makronutrien dan mikronutrient, yaitu karbohidrat 60%, lemak 30%, dan sisanya ialah protein, serat, vitamin, mineral. Batasi konsumsi gula, garam, minyak. Usahakan ang dimakan sesuai dengan yang dikeluarkan. Jadi jangan sampai energi yang masuk lebih banyak daripada yang dikeluarkan ya moms karena itu dapat memicu obesitas.
 
Makan banyak saja tidak cukup untuk menambah berat badan ya moms. Keseimbangan nutrisi dan pola hidup yang sehat juga sangat diperlukan.