Saat hamil tubuh memang akan mudah merasakan nyeri. Nyeri tersebut biasanya terasa di sekitar bagian perut, pinggul, punggung, kaki dan lain-lain. Beberapa ibu mungkin tahan dengan rasa nyeri ini, tapi tidak sedikit pula yang meredakannya dengan menggunakan obat-obatan pereda nyeri baik itu oral ataupun obat luar, salah satunya koyo. 

Ya, koyo memang pereda nyeri yang cukup praktis dan mudah didapatkan. Selain itu, koyo disebut-sebut memiliki keunggulan meredakan rasa nyeri karena langsung tepat sasaran daripada minum obat oral. Tinggal menempelkannya pada bagian nyeri, rasa panas yang dihasilkannya akan membuatmu merasa nyaman. 
 

source: https://www.everydayfamily.com


 

baca juga

Jangan Terlalu Sering Memakai Koyo

Moms, let's be smart! Selama hamil kamu sama sekali tidak dianjurkan untuk mengonsumsi obat yang mengandung zat kimia. Alasannya karena bisa memberikan efek yang tidak baik bagi janin yang sedang berkembang dalam kandungan. Nah, koyo termasuk obat luar yang mengandung zat kimia.

Jadi, di dalam koyo mengandung beberapa za di antaranya biofreeze dan icy hot yang disebut-sebut di dalam terdapat alkohol. Selain itu ada pula zat bengay, aspercreme serta capcaisin yang biasanya ditemukan dalam cabai. Zat capcaisin inilah yang menimbulkan rasa seperti pedas saat kamu memakai koyo.. 

Nah, dengan banyaknya zat kimia yang terdapat di dalam koyo, maka sebaiknya kamu jangan terlalu sering menggunakannya, terutama saat hamil. Memang pada kemasan beberapa merek koyo tidak tertulis tentang aturan tidak boleh digunakan ibu hamil dan belum pula ada aturan tertulis tentang larangan dari dokter. Tapi untuk berjaga-jaga, tak ada salahnya kamu tidak mengandalkan koyo untuk mengatasi pegal-pegal yang kamu rasakan. 
 

source: http://www.helpforvt.org

Selain itu, apabila kamu pernah memakai koyo dan menimbulkan efek samping iritasi kulit berupa gatal-gatal, kemerahan, sensasi seperti terbakar, panas tak tertahankan serta kulit melepuh, maka hentikanlah penggunaan koyo segera. 

 

Atasi Rasa Pegal dengan Cara yang Sehat

Janga khawatir ya, Moms karena ada banyak cara sehat yang bisa kamu lakukan untuk mengatasi rasa nyeri ataupun pegal-pegal selama hamil kok. Cobalah berikan pijatan lembut pada area pegal. Kamu bisa meminta suami untuk melakukannya untukmu. Selain untuk mengusir pegal, massage ini bisa menjadi bonding antara lain berdua. Selain itu, mandilah dengan air hangat. Mandi air hangat akan memperlancar aliran darah dan membuat badanmu terasa hangat. 

Yang enggak boleh kamu lupakan adalah berolahraga rutin setiap hari. Hal ini penting karena benar-benar bisa menghilangkan rasa nyeri yang kamu rasakan. Beberapa olahraga yang dianjurkan seperti berjalan kaki, yoga hamil, berenang dan sebagainya. Apabila ternyata rasa nyeri yang kamu rasakan selama hamil tergolong parah maka segera periksakan diri ke dokter untuk diberikan penanganan yang tepat. 
 
source: https://www.psychologies.co.uk


Nah, itu dia Moms hal yang boleh dan tidak boleh dilakukan ibu hamil. Patuhilah agar kehamilanmu berjalan lancar ya!