Fyi, ternyata kuku tumbuh lebih cepat saat hamil lho, Moms. Pertumbuhan kuku lebih cepat daripada biasanya disebabkan oleh hormon kehamilan. Mungkin ada yang kukunya terlihat makin indah, tapi enggak sedikit pula pertumbuhan kukunya tidak kuat dan gampang patah. 

Karena itu, banyak ibu hamil yang memperindah kuku dengan melakukan menikur dan pedikur di salon ataupun di rumah. Tapi, amankan melakukan menikur dan pedikur selama hamil? 
 

Menikur dan Pedikur Aman Dilakukan Saat Hamil, Asal... Penasaran? Simak Yuk, Moms!
source: https://brightside.me


 

baca juga

Sebelum Menikur dan Pedikur Pertimbangkan Hal Ini, Moms!

Beberapa tenaga kesehatan mengungkapkan bahwa meni-pedi tetap aman dilakukan selama hamil karena belum terbukti memberikan efek buruk pada janin seperti cacat lahir. Tapi, mereka menyarankan agar tidak melakukannya secara berlebihan. 
Dalam proses meni-pedi ada banyak zat kimia yang digunakan. Beberapa di antaranya yaitu: 

  • Toluene, yang mungkin membuatmu sedikit pusing saat menghirupnya. 
  • Formaldehyde, yang termasuk golongan karsinogen penyebab kanker. Paparan zat ini dalam jumlah banyak dan terlalu sering berisiko merusak kulit dan tubuh. 
  • Dibutil phthalate (DBP), zat yang cukup berbahaya karena menggangu sistem reproduksi, terutama pada pria. 


Selain zat-zat di atas, kamu juga harus hati-hati dengan risiko infeksi kulit yang terjadi setelah meni-pedi. Oleh karena itu, sangat penting bagimu untuk memilih salon yang sangat memerhatikan kebersihan peralatan yang digunakan. 

Berikut infeksi pada kulit yang wajib kamu waspadai seusai meni-pedi: 

  • Infeksi bakteri yang terjadi pada kulit di sekitar kuku. Biasanya dimulai dengan pembengkakan, kemerahan dan terasa panas. 
  • Infeksi jamur, yang menyebabkan kukur berwarna kuning seperti akan mengelupas. Pengobatannya bisa dilakukan dengan minum obat atau menggunakan obat topikal. 
  • Infeksi virus, salah satunya berupa kutil plantar. 
Sebelum Menikur dan Pedikur Pertimbangkan Hal Ini, Moms!
source: http://www.discovergoodnutrition.com



 

Solusi untuk Kuku yang Sehat

Perawatan kuku lewat meni-pedi memang dapat menyamarkan kuku sehingga terlihat indah. Tapi, hal paling penting yang kamu lakukan adalah merawat kuku dari dalam. Konsumsilah makanan yang mengandung biotin, yang merupakan jenis vitamin B kompleks, karena sangat bermanfaat menjaga kuku tetap kuat. Selain itu juga berguna untuk menyehatkan kulit dan rambut. Biotin banyak ditemukan dalam makanan seperti kacang-kacangan, kedelai, telur, jamur, avokad, juga pisang. 

Selain itu lakukanlah beberapa hal berikut ini: 
1. Hindari kebiasaan menggigit kuku dari sekarang.
2. Hindari kuku terlalu lama berada di dalam air ataupun lembap. Salah satunya dengan mengurangi waktu mandi. Paparan air terlalu sering akan membuat kuku jadi gampang patah.
3. Rutinlah memotong kuku agar kebersihannya terjaga. 
4. Saat mencuci piring sebaiknya gunakan sarung tangan yang terbuat dari karet, untuk melindungi kuku dan kulit. 
 

Solusi untuk Kuku yang Sehat
source: http://www.fldermdoc.com/wp-content/uploads/2014/07/Blog-pic-07.07-590x332.jpg

Nah, itu dia hal yang boleh dan tidak boleh dilakukan ibu hamil terkait perawatan kuku. Semoga membantumu, Moms!