Cara Mengatasi Perut Kembung Pada Anak

Ada beberapa cara mengatasi perut kembung pada anak. Diantaranya adalah:

Hindari mengonsumsi makanan penyebab perut kembung
Cara pertama mengatasi perut kembung pada anak adalah menghindari makanan yang bisa meningkatkan produksi gas di saluran pencernaan, seperti kubis, lobak, bawang, brokoli, kacang-kacangan, dan makanan berlemak.

Biasakan anak untuk menguyah makanan secara perlahan
Selain menghindari makanan yang dapat meningkatkan produksi gas dalam saluran pencernaan, sebaiknya Moms juga mengajarkan pada anak untuk mengunyah makanan secara perlahan-lahan. Karena mengunyah makanan terlalu cepat dapat menyebabkan perut kembung.

Perbanyak konsumsi air putih
Minum cukup air putih dapat mencegah konstipasi sekaligus mengurangi risiko kembung pada anak. Jadi setiap makan, usahakan Moms selalu menyediakan segelas air putih di samping piring makan si kecil, ya.

Cara Mengatasi Perut Kembung Pada Anak
source: https://www.alodokter.com/

Kompres Air Hangat
Untuk mengurangi rasa tidak nyaman saat perut si kecil kembung, Moms bisa mengompres perut si kecil dengan air hangat. Selain dapat membuat anak lebih nyaman, kompres air hangat ini juga dapat mengurangi kembung.

Hindari Minuman Bersoda
Minuman bersoda mengandung asam fosfat yang dapat menyebabkan munculnya perut kembung pada anak. Selain itu, kandungan sukrosa dan fruktosa pada jus buah dapat memicu terbentuknya gas di saluran pencernaan.

Penyebab Perut Kembung Pada Anak

Untuk menghindari terjadinya perut kembung pada anak, Moms wajib tahu apa saja yang menyebabkan perut anak kembung. Diantaranya adalah:

  • Menelan udara terlalu banyak ketika sedang makan. Hal ini bisa terjadi pada anak-anak yang makan sambil bermain, menonton televisi, atau berlari dalam ruangan.
  • Mengunyah makanan terlalu cepat.
  • Mengonsumsi makanan tinggi karbohidrat dan serat, seperti kubis, lobak, brokoli, kembang kol, bawang, dan kacang-kacangan.
  • Mengonsumsi minuman bersoda terlalu banyak.
  • Mengalami penyakit tertentu, seperti sembelit, sumbatan pada usus, intoleransi laktosa, dan penyakit Crohn.
Penyebab Perut Kembung Pada Anak
source: https://www.dw.com/

Nah Moms itu tadi penyebab dan cara mengatasi perut kembung pada anak. Pastikan si kecil menghindari semua penyebab perut kembung ya, Moms. Mencegah kan lebih baik daripada mengobati. Semoga informasi ini bermanfaat, Moms.