Saat ini minum kopi sudah menjadi tren dan menjadi gaya hidup bagi sebagian masyarakat. Apalagi yang dijual oleh gerai kopi ternama dianggap sebagai minuman “keren” yang memiliki gengsi tersendiri. Selain untuk diminum sendiri, Kopi juga sudah dijadikan minuman untuk bersosialisasi. Saat nongkrong, kumpul dan ngobrol bersama, kopi kerap dijadikan minuman wajib yang selalu menemani.

Sebenarnya tak ada yang salah dalam meminum kopi. Kopi bahkan memiliki beragam manfaat jika dikonsumsi secara tepat. Tapi, nilai kopi yang sudah bergeser menjadi minuman untuk gaya hidup ini sepertinya membuat efek positif kopi tak bisa didapat karena kebanyakan orang mengonsumsinya secara berlebihan. Kopi yang diminum secara berlebihan bisa menimbulkan beragam efek negatif berikut.

Menimbulkan Masalah Pada Gigi dan Gusi

Kopi yang diminum sering kali diberi tambahan gula, creamer atau susu untuk memperkaya rasa dan menekan rasa pahit alami kopi. Jika kopi tersebut diminum secara berlebihan maka kandungan tanin dan gula di dalamnya bisa mengikis lapisan pelindung gigi (enamel) secara perlahan. Selain itu, kopi juga bisa membuat warna gigi menjadi kekuningan dan membuat plak yang sudah menempel pada gigi menjadi semakin lengket.

Menimbulkan Masalah Pada Gigi dan Gusi
baca juga

Mengancam Kesehatan Lambung

Selain gigi, organ tubuh lain yang bisa terancam karena minum kopi secara berlebihan adalah lambung. Kopi memiliki sifat asam yang bersifat korosif sehingga bisa merusak lapisan lambung jika diminum secara terus menerus. Untuk menghindari hal ini sebaiknya jangan meminum kopi pada saat perut kosong, karena pada perut yang kosong kopi akan secara langsung bersentuhan dengan dinding lambung.

Mengancam Kesehatan Lambung

Menimbulkan Rasa Cemas dan Gelisah

Kopi mengandung kafein yang bisa membuat kewaspadaan meningkat. Terlalu banyak minum kopi akan menyebabkan rasa gelisah dan cemas akibat dari efek kafein yang berlebihan. Selain itu, untuk menghentikan kebiasaan minum kopi juga cukup sulit. Saat tidak minum kopi Tubuh akan menunjukkan gejala penarikan kafein yang biasanya menimbulkan efek negatif seperti mood jelek. perasaan bingung, hingga sakit kepala.

Menimbulkan Rasa Cemas dan Gelisah
baca juga

Menyebabkan Diare

Kopi bisa berperan sebagai pencahar yang akan melancarkan sistem pencernaan dan buang air besar. Minum kopi secara berlebihan tentu bisa membuat sistem pencernaan terganggu dan akhirnya timbul diare. Selain itu, kafein dalam kopi juga bisa merangsang urine untuk lebih keluar. Jadi meminum kopi berlebihan juga bisa mengakibatkan seseorang terlalu sering buang air kecil.

Menyebabkan Diare

Menyebabkan Insomnia

Di dalam kopi terdapat kafein yang umumnya bisa bertahan dan membuat tubuh terjaga sekitar lima hingga sembilan jam. Terlalu banyak mengonsumsi kopi, khususnya setelah jam 2 siang akan mengakibatkan tubuh selalu terjaga sehingga waktu untuk tidurpun menjadi terganggu. Efek kafein ini tentu saja berbeda pada setiap orang, tergantung dari genetika dan kebiasaan orang tersebut.

Menyebabkan Insomnia

Meningkatkan Risiko Penyakit Jantung

Pada orang dengan mutasi gen tertentu yang membuat proses pencernaan kafein di tubuhnya berjalan lebih lambat, minum kopi apalagi secara berlebihan adalah hal yang pantang dilakukan. Kopi yang bisa memicu detak jantung berjalan lebih cepat akan  meningkatkan risiko penyakit jantung pada orang dengan kondisi ini.

Meningkatkan Risiko Penyakit Jantung