Merawat serta Menjaga kebersihan miss V adalah hal mutlak yang harus dilakukan oleh setiap wanita. Tak hanya agar terbebas dari jamur dan infeksi, miss V yang terawat juga akan terhindar dari bau tidak sedap. Tapi apakah moms pernah merasa sudah merawat dan menjaga miss V dengan baik tapi masih timbul bau tak sedap? Tak hanya dari luar moms, aroma miss V yang tidak sedap juga bisa disebabkan oleh makanan-makanan berikut.

Sudah Merawat Miss V Tapi Tetap Bau? Bisa Jadi 7 Makanan Ini Penyebabnya

Daging Merah

Memiliki kandungan alkali yang cukup tinggi, membuat aneka daging merah seperti daging sapi, kambing, dan beberapa jenis ikan menjadi makanan penyebab miss V beraroma tidak sedap. Kandungan alkali pada makanan bisa menyebabkan ketidakseimbangan PH pada miss V sehingga memengaruhi aroma alami yang dimilikinya. Jika moms mengalami masalah dengan aroma miss V, mungkin mengurangi asupan daging merah adalah solusi yang bisa dicoba.

Daging Merah
baca juga

Susu

Sama halnya dengan daging, susu juga mengandung alkali yang bisa mempengaruhi keseimbangan PH pada miss V. Tak hanya susu murni, konsumsi produk olahan susu seperti keju juga harus diperhatikan porsinya. Terlebih untuk keju yang memiliki kandungan bakteri yang bisa mengakibatkan infeksi jamur pada vagina, moms harus lebih memperhatikan jumlahnya sebelum dikonsumsi.

Susu

Kopi

Memiliki aroma tajam dan khas membuat kopi menjadi salah satu minuman yang dapat memengaruhi aroma cairan yang keluar dari tubuh seperti urine dan keringat. Urine yang telah bercampur dengan aroma kopi, kemudian melewati miss V bisa mengakibatkan aroma yang tidak sedap karena tingkat keaasaman miss V yang terganggu. Selain memengaruhi aroma miss V, moms juga perlu memperhatikan porsi asupan kopi sehari-hari, Karena berlebihan dalam mengonsumsi kopi juga bisa mengakibatkan infeksi lho.

Kopi
baca juga

Alkohol

Memiliki sifat membuat tubuh kering, konsumsi alkohol juga bisa berpengaruh terhadap kelembapan miss V. Jika miss V tidak mendapatkan cukup kelembapan maka bisa berakibat pada berkurangnya produksi pelumas yang diperlukan. Kekurangan pelumas pada miss V selain bisa menimbulkan bau tak sedap juga bisa menyebabkan gangguan fungsi serta dorongan seksual.

Alkohol

Makanan dan Minuman Manis

Terlalu banyak mengonsumsi makanan dan minuman manis bisa menyebabkan terjadinya peningkatan kadar gula dalam tubuh. Sementara itu bakteri dan jamur sangat menyukai gula, kehangatan, dan juga kelembapan. Suburnya pertumbuhan jamur dan bakteri tentunya bisa berpengaruh terhadap kesehatan dan juga aroma miss V. Jadi sebaiknya perhatikan asupan makanan dan minuman manis yang dikonsumsi sehari-hari ya moms.

Makanan dan Minuman Manis

Bawang

Bawang merupakan salah satu makanan yang memiliki aroma yang tajam dan menyengat. Tak hanya berpengaruh pada bau mulut, makanan dengan aroma yang tajam dan menyengat juga bisa mempengaruhi aroma vagina. Selain karena aromanya, kandungan dalam bawang juga bisa memengaruhi keseimbangan bakteri pada miss V.

Bawang

Asparagus dan Brokoli

Meskipun akan hilang dalam beberapa hari setelah dikonsumsi, tapi sayuran yang dapat mempengaruhi aroma urine seperti asparagus dan brokoli juga dapat memberi pengaruh pada aroma miss V itu sendiri. Konsumsi sayuran ini dengan porsi yang wajar memang bisa memberi banyak manfaat untuk kesehatan, tapi mengonsumsinya secara berlebihan akan menimbulkan masalah bau miss V yang mengganggu.

Asparagus dan Brokoli