Kacang polong memiliki manfaat yang bagus untuk ibu hamil, termasuk bagi janin. Kacang polong yang biasanya dijadikan cemilan mengandung banyak gizi seperti asam folat, zat besi, mineral, kalsium, protein, serat, karbohidrat, vitamin A, K, C, dan B. Kandungan tersebutlah yang diperlukan ibu hamil, terlebih ibu hamil yang rentan terkena penyakit. Berikut di bawah ini manfaat kacang polong untuk ibu hamil.
 

Mencegah Anemia

Di awal kehamilan, ibu hamil rentan mengalami morning sickness yang menyebabkan moms terkena anemia, tubuh pun merasa kelelahan. Moms harus selalu mengonsumsi makanan bergizi, salah satunya kacang polong. Kacang polong memiliki bermanfaat untuk mencegah anemia atau kekurangan darah. Hal tersebut dikarenakan kacang polong mengandung zat besi yan berguna untuk mengatasi anemia. Kacang polong juga menjadi sumber vitamin B, niacin, dan riboflavin yang memberikan energi lebih untuk ibu hamil, serta meningkatkan metabolisme tubuh.

Mencegah Anemia
baca juga

Mencegah Peradangan

Senyawa di dalam kacang polong bersifat antiradang. Sehingga dapat membantu ibu hamil yang terkena radang sendi. Terlebih lagi, kacang polong bagus dikonsumsi pasca melahirkan untuk membantu menyembuhkan sakit pasca melahirkan.

Mencegah Peradangan

Pertumbuhan Tulang Janin

Kacang polong yang dikonsumsi ibu hamil juga akan berdampak bagi janin. Kacang polong bermanfaat untuk membantu pertumbuhan tulang janin. Kacang polong mengandung vitamin K yang cukup tinggi, sehingga baik untuk tulang agar tidak mengalami osteoporosis.

Pertumbuhan Tulang Janin
baca juga

Mencegah Penyakit

Kacang polong mengandung banyak gizi seperti vitamin K dan betakarotin yang mampu melindungi tubuh ibu hamil dari penyakit, termasuk penyakit serius seperti kanker.  Sistem kekebalan tubuh pun tetap terjaga karena mengonsumsi kacang polong, terlebih jika dikonsumsi dalam keadaan mentah. Tapi, pastikan kacang polong sudah dicuci bersih ya, moms. Selain itu, kacang polong pun berfungsi menyeimbangkan tekanan darah, mencegah penyakit jantung, dan mengatasi masalah sistem pencernaan.

Mencegah Penyakit

Mengoptimalkan Perkembangan Janin

Kacang polong bermanfaat mengoptimalkan perkembangan janin karena mengandung cukup protein yang dibutuhkan ibu hamil termasuk janin. Asam folat yang terkandung di dalam kacang polong akan membantu mengoptimalkan sistem saraf janin, dan organ lainnya.

Mengoptimalkan Perkembangan Janin