Kenapa Sering Buang Angin saat Hamil?

Sering buang angin merupakan salah satu ganguan kehamilan terutama di trimester pertama. Selama hamil tubuh mengalami banyak perubahan, termasuk meningkatnya kadar hormon progesteron atau hormon yang berperan dalam kehamilan.

Seiring dengan bertambahnya hormon progesteron, maka akan menyebabkan otot-otot tubuh jadi lemas, termasuk otot usus. Otot usus pun bekerja lebih lambat sehingga sistem pencernaan juga melambat. Di sinilah gas banyak dihasilkan, dan membuat perut terasa kembung, bersendawa dan kentut. 
 

source: https://timesofindia.indiatimes.com


 

baca juga

Cara Mengurangi Frekuensi Buang Gas saat Hamil

Kabar baiknya, Moms buang gas merupakan gangguan kehamilan yang cukup ringan. Untuk meringankannya cukup beberapa hal berikut ini: 
 

1. Minum Banyak Air

Minum banyak air adalah salah satu cara terbaik mengurangi frekuensi buang gas selama hamil. Setidaknya kamu harus meminum air 8 hingga 10 gelas per hari. Enggak hanya air putih saja, tetap juga cairan lain seperti jus. Pilihlah jus yang enggak menghasilkan gas saat dikonsumsi ya, Moms. Contohnya jus anggur, nanas dan jeruk. 
 

source: http://www.momjunction.com


 

baca juga

2. Lakukan Aktivitas Fisik

Hamil bukan berarti kamu bermalas-malasan, tetapi waktunya untuk bergerak. Kalau kamu enggak sempat beryoga bersama sahabat-sahabatmu, maka cukup lakukan olahraga ringan seperti berjalan kaki.

Pakai waktumu selama 30 menit setiap hari untuk berolahraga. Selain membuat tubuh tetap fit dan menjaga emosi tetap stabil, olahraga ternyata juga bisa membantu mencegah sembelit dan melancarkan pencernaan. 
 

source: http://www.goodtoknow.co.uk


 

3. Kurangi Mengonsumsi Makanan yang Mengandung Gas

Selain peningkatan hormon progesteron, sering buang gas juga disebabkan karena kamu mengonsumsi makanan yang mengandung gas di antara sayur kol, brokoli dan kentang. Sebenarnya beberapa sayuran ini cukup bernutrisi, tapi karena mengandung tinggi gas maka kamu enggak boleh sering-sering mengonsumsinya. Cobalah ganti sumber gizinya dengan sayuran lain. 
 

source: http://www.momjunction.com


 

4. Yuk, Jalani Kehamilan dengan Lebih Rileks!

Stres membuat hidup kamu jadi enggak sehat secara fisi dan mental. Percaya enggak percaya, stres dapat mengganggu sistem pencernaanmu, sehingga membuat perut jadi kembung dan sering buang gas. Oleh karenanya yuk, jalani hidup lebih rileks mulai sekarang, terutama saat kamu sedang hamil. Good luck!
 

source: http://www.myhealthylivingcoach.com