Kembang turi merupakan kembang asli Indonesia yang biasanya dijumpai sebagai bahan pelengkap pecel atau sebagai lalapan. Kembang turi memiliki rasa yang lunak dan nikmat untuk dikonsumsi. Selain rasa yang nikmat, kembang turi yang berbentuk mirip kupu-kupu ini memiliki khasiat yang baik untuk kesehatan moms.

Mempercepat Penyembuhan Luka

Kembang Turi mengandung ekstrak etanol yang bermanfaat untuk mempercepat proses penyembuhan luka jika dibandingkan penyembuhan luka dengan nitrofurazone. Cara penggunaannya cukup menumbuk kembang turi hingga halus, balurkan pada area yang mengalami luka, tunggu hingga mengering lalu bilas atau bersihkan. Kembang turi dapat mengatasi luka memar, kudis, hingga kuku bengkak.

Mempercepat Penyembuhan Luka
baca juga

Mengatasi Keputihan

Meminum air yang dicampur dengan kembang turi yang telah dihaluskan kemudian disaring dapat mengatasi masalah keputihan, moms. Keputihan sendiri disebabkan oleh jamur candida abnormal yang tumbuh di dalam vagina. Minuman kembang turi bisa moms konsumsi 2 kali sehari agar terbebas dari masalah keputihan yang menganggu.

Mengatasi Keputihan

Obat Sariawan

Saat sariawan, menandakan moms memerlukan asupan vitamin C lebih, kembang turi dipercaya dapat menjadi obat sariawan. Moms bisa langsung meminum air rebusan kembang turi, atau menggunakannya dengan cara lain yakni kumur-kumur mulut menggunakan air remasan kembang turi.

Obat Sariawan
baca juga

Mengatasi Penyakit Jantung

Kembang turi tinggi kandungan vitamin C sehingga kembang turi dapat mencegah terkenannya penyakit jantung ataupun menurunkan risiko tekanan darah tinggi. Vitamin C pada kembang turi juga berfungsi memperlambat pengerasan pembuluh darah (atherosclerosis). Jika pembuluh darah fleksibel, minim risiko terkena serangan jantung, stroke, dan penyakit arteri perifer.

Mengatasi Penyakit Jantung

Membantu Perkembangan Janin

Kembang turi pun bermanfaat bagi kesehatan janin dalam kandungan jika ibu hamil rutin mengonsumsinya. Kembang turi akan membantu perkembangan janin secara optimal karena kandungan folatnya, sehingga mencegah terjadinya kecacatan tabung syaraf selama masa kehamilan.  

Membantu Perkembangan Janin

Memperlancar ASI

Tidak hanya kembang turi, daun kembang turi juga bermanfaat untuk memperlancar ASI. Dengan rutin mengonsumsi kembang turi, produksi ASI menjadi melimpah, masalah ASI yang sulit keluar pun bisa diatasi.

Memperlancar ASI

Mengatasi Rabun Senja

Masalah pada mata juga bisa diatasi dengan kembang turi. Kembang ini memiliki kandungan vitamin A yang bermanfaat mengatasi rabun senja. Kesehatan mata pun akan tetap terjaga jika moms rutin mengonsumsinya.  

Mengatasi Rabun Senja