Nyeri haid yang terjadi karena kontraksi menekan pembuluh darah yang mengelilingi rahim, mengakibatkan memutuskan suplai darah dan oksigen ke rahim. Ketiadaan oksigen inilah yang menyebabkan jaringan rahim melepaskan bahan kimia yang menciptakan rasa nyeri. Akan tetapi Moms dapat meredahkan nyeri haid ini dengan mengonsumsi bahan alami yaitu dengan meminum jus yang akan membuat Moms merasa lebih baik saat nyeri haid. Nah Moms yuk simak jus yang bisa meredahkan nyeri berikut ini:

Jus Nanas

Nanas merupakan buah yang memiliki kandungan mineral yang tinggi. Buah nanas juga memiliki zat gula yang banyak yaitu glukosa, fruktosa, dan dekstrosa. Moms dapat memanfaatkan nanas dengan diolah menjadi jus untuk membantu menghilangkan kram ketika haid karena nanas juga memiliki bromelain (enzim yang dikenal untuk meredakan nyeri otot) yang tinggi. Selain itu gula yang terkandung di dalamnya juga akan menambah energi Moms dan menghilangkan lelah selama haid.

Cara Jitu Meredakan Nyeri Haid dengan 5 Jenis Jus Buah Ini

Jus Bit dan Jeruk

Campuran buah bit dan jeruk yang diolah menjadi jus akan membantu Moms meredekan sakit ketika haid. Perpaduan keduanya dapat memperbaiki konstipasi serta gangguang pencernaan saat haid. Selama haid berlangsung. Kandungan nutrisi pada buah bit dan jeruk antara lain  vitamin C, serat, dan asam folat. Kandungan vitamin C pada keduanya dapat mencegah peradangan, sehingga dapat menurunkan rasa sakit ketika haid.

Jus Bit dan Jeruk
baca juga

Jus Wortel

Kandungan zat besi pada wortel akan menggantikan darah yang hilang selama menstruasi dan dapat melancarkan aliran darah yang mengalir ke organ intim. Selain itu beta karoten dan vitamin A pada wortel dapat meredakan nyeri ketika haid. Hal ini karena akan melancaran aliran darah. Dengan meminum jus wortel dengan rutin sebelum dan sesudah menstruasi akan membuat Moms merasa lebih baik dan menghilangkan sakit yang Moms rasa.

Jus Wortel

Jus Pisang

Buah pisang merupakan bahan pangan dengan sumber energi  karbohidrat, mineral, dan terutama kalium. Kandungan vitamin B6 yang tinggi pada pisang membantu mengurangi kadar gula dalam darah yang merusak mood dan membuat sakit nyeri haid berkurang. Moms bisa mengolah pisang menjadi jus atau bisa juga mencampur susu kedelai atau yogurt untuk menambah kalsium di dalamnya.

Jus Pisang
baca juga

Blueberry dan Semangka

Bluberry dan semangka menjadi kombinasi yang pas untuk dikonsumsi untuk meredakan nyeri haid. Bluberry yang kaya akan antioksidan dan serat sangat bermanfaat bagi tubuh. Hal ini karena antioksidan mampu melawan radikal bebas dalam tubuh dan membuang semua racun. Serat yang terkandung pada blueberry dan semangka juga memberi efek baik untuk pencernaan. Jus campuran kedua buah ini akan mengurangi retensi  sangat baik untuk pencernaan dan akan menenangkan Moms dari nyeri haid.

Blueberry dan Semangka