1. Quinoa

Jadi Pengganti Nasi, 4 Sumber Karbohidrat Ini Sehat dan Mengenyangkan Lho!
source: https://www.inspiredtaste.net/

Quinoa mengandung protein terbanyak kedua dari biji-bijian mana pun yang dilengkapi dengan hampir semua asam amino esensial. Selain itu, quinoa juga menjadi salah satu sumber karbohidrat yang secara alami bebas gluten dan tinggi serat. Teksturnya hampir mirip dengan nasi, jadi cocok banget untuk Mommy yang tidak bisa makan tanpa nasi.


2. Nasi Merah

Jadi Pengganti Nasi, 4 Sumber Karbohidrat Ini Sehat dan Mengenyangkan Lho!
source: https://www.philips.co.id

Jika quinoa masih sulit menggantikan nasi, cobalah untuk menghindari asupan nasi putih dan menggantinya dengan nasi merah. Nasi merah adalah makanan yang sering dikaitkan dengan pilihan menu dalam pola makan sehat. Menjadi bagian dari biji-bijian utuh, beras merah tidak mengalami proses yang panjang seperti beras putih. Itulah sebabnya beras merah dapat mempertahankan nutrisi yang tidak dimiliki nasi putih seperti vitamin, mineral, dan antioksidan.

baca juga


3. Ubi

Jadi Pengganti Nasi, 4 Sumber Karbohidrat Ini Sehat dan Mengenyangkan Lho!
source: https://hips.hearstapps.com/

Ubi jalar merupakan salah satu makanan pengganti nasi yang dapat memenuhi sebagian besar kebutuhan nutrisi penting tubuhmu. Bahkan, dikatakan bahwa dalam satu mangkuknya, ubi jalar dalam memenuhi 400 persen kebutuhan vitamin A harian seseorang. Ubi jalar juga mengandung banyak serat dan kalium. Sumber karbohidrat sehat ini juga memiliki lebih banyak gram gula alami daripada kentang biasa tetapi lebih banyak nutrisi secara keseluruhan dengan lebih sedikit kalori.


4. Couscous

Jadi Pengganti Nasi, 4 Sumber Karbohidrat Ini Sehat dan Mengenyangkan Lho!
source: https://www.simplyrecipes.com/

Terakhir, sumber karbohidrat pengganti nasi yang juga banyak dipilih orang adalah couscous. Kaya ajab selenium, couscous dapat membantu meningkatkan sistem kekebalan tubuh dan mengurangi risiko beberapa penyakit seperti kanker. Teksturnya yang mirip dengan nasi membuatnya sangat pas untuk diolah seperti nasi goreng. Yum!