1. Tenangkan Diri

Jangan Marah, Moms! Ini 5 Cara Mengelola Emosi Saat Menghadapi Anak
source: https://www.verywellfamily.com/

Saat anak sudah sangat sulit diatur, tentu Mommy akan merasa sangat lelah hingga emosi tidak lagi bisa ditahankan. Jika ini terjadi, cobalah untuk menenangkan diri dengan mengatur nafas lebih teratur. Jagalah hati dan pikiran agar tetap selaras agar tindakan yang dilakukan tidak terjadi tanpa kontrol dan pertimbangan yang baik.


2. Jangan Merespon dengan Cepat

Jangan Marah, Moms! Ini 5 Cara Mengelola Emosi Saat Menghadapi Anak
source: https://www.todaysparent.com/

Saat emosi sedang memuncak, respon yang cepat pada tindakan anak cenderung akan dipenuhi dengan emosi dan kemarahan. Cobalah untuk menghindari kebiasaan merespon anak dengan spontan. Biasakan untuk berpikir sebelum bertindak dan berucap agar semuanya tetap berada dalam kendali dan tidak melampaui batasan.

baca juga


3. Ajak Anak Bicara

Jangan Marah, Moms! Ini 5 Cara Mengelola Emosi Saat Menghadapi Anak
source: https://www.newsapi.com.au/

Daripada mencubit, memukul, atau membentak anak, cobalah untuk mengajak si kecil berbicara tentang apa yang harusnya dilakukannya atau apa yang seharusnya tidak dilakukannya. Berbicaralah dengan nada lembut, tetapi tegas. Hal ini penting untuk menunjukkan keseriusan Mommy atas kesalahan atau perilaku yang dilakukan si kecil.


4. Tinggalkan Sejenak

Apabila ia masih sulit untuk dikendalikan, tunjukkan kemarahanmu dengan meninggalkannya sejenak. Biarkan anak merasa kehilangan perhatian dan peranmu dalam beberapa waktu. Saat itu si kecil mungkin akan mulai sadar dan meminta maaf atas kesalahannya.

baca juga


5. Berikan Hukuman yang Tepat

Jangan Marah, Moms! Ini 5 Cara Mengelola Emosi Saat Menghadapi Anak
source: https://www.mother.ly/

Terakhir, hindari membentak atau memberikan hukuman fisik berupa pukulan atau cubitan. Sebaliknya, Mommy dapat menerapkan hukuman yang tepat sesuai dengan kesalahan si kecil. Seperti saat ia membuang-buang makanan, hukumlah ia dengan menghilangkan jatah camilan sorenya. Dengan begitu anak akan lebih paham tentang arti konsekuensi atas apa yang sudah dilakukan.