Eco-Enzyme, Apa Itu?

Mengenal Eco-Enzyme, Cairan Serbaguna dari Limbah Organik yang Ramah Lingkungan
source: http://www.savefoodcutwaste.com/

Eco-enzyme merupakan salah satu cairan ramah lingkungan yang dapat digunakan sebagai cairan multiguna. Cairan ini dihasilkan dari fermentasi limbah organik yang memiliki banyak manfaat. Nah, salah satu kebutuhan rumah tangga yang bisa dilakukan dengan menggunakan eco-enzyme ini adalah mengepel lantai, membersihkan dapur, membersihkan buah dan sayuran, cairan anti serangga, hingga pupuk tanaman. Kandungan desinfektan di dalam aman dan bersifat ramah lingkungan.

Mengapa Eco-Enzyme Penting?

Mengenal Eco-Enzyme, Cairan Serbaguna dari Limbah Organik yang Ramah Lingkungan
source: https://sustaination.id/

Tidak hanya bersifat organik dan aman untuk lingkungan, penggunaan eco-enzyme juga berperan baik dalam proses pelestarian lingkungan. Pasalnya, proses pembuatan eco-enzyme ini sendiri juga dapat melepaskan gas ozon (03). O3 ini berperan baik dalam mengurangi karbondioksida (CO2) di atmosfer yang menjadi penyebab panas terperangkap di awan. Dengan kata lain, penggunaan eco-enzyme dapat mengurangi efek rumah kaca dan global warming. 

baca juga
Mengenal Eco-Enzyme, Cairan Serbaguna dari Limbah Organik yang Ramah Lingkungan
source: https://waste4change.com/

Eco-enzyme juga mengubah amonia menjadi nitrat (NO3). Nitrat ini merupakan hormon alami dan nutrisi yang penting untuk tanaman. Di sisi lain, pengubahan CO2 menjadi karbonat (CO3) juga bermanfaat bagi kebaikan tanaman laut dan kehidupan laut. 

Pentingnya Produksi Eco-Enzyme 

Mengenal Eco-Enzyme, Cairan Serbaguna dari Limbah Organik yang Ramah Lingkungan
source: http://thelittletot.com/

Nah, di bawah merupakan beberapa alasan lain mengapa semua lapisan masyarakat, khususnya rumah tangga, perlu mempertimbangkan untuk memproduksi eco-enzyme:

  • Penghematan: Tidak lagi perlu membeli produk-produk pembersih rumah tangga. Cukup menggunakan sampah dapur menjadi pembersih rumah tangga alami dan aman.
  • Mengurangi polusi: Gas metana yang diproduksi dari proses pengubahan sampah yang dibuang dapat mengatasi panas dari CO2 21x lebih banyak, yang berisiko memperburuk pemanasan global.
  • Air purify: Pengolahan sampah organik ini dapat membersihkan udara dari racun, polusi hingga menghilangkan bau.
  • Multifungsi: Eco-enzyme memiliki banyak manfaat, mulai dari pembersih rumah tangga, insektisida, antiseptik, perawatan tubuh, pupuk, dan lain sebagainya.
Jadi, tertarik mencoba menggunakan eco-enzyme?