Bank Sampah

Apa Itu Bank Sampah? Yuk, Ketahui Hal Penting Ini Untuk Jaga Kebersihan Lingkungan!
source: https://indopos.co.id/

Bank sampah merupakan sebuah sistem pengelolaan sampah yang dilakukan secara kolektif (gotong royong) dalam lingkurangan masyarakat. Beberapa kota sudah mengatur keberadaan bank sampah dengan lebih terorganisir dalam lingkup rukun tetangga (RT). Dalam hal ini, bank sampah berperan dalam menampung, memilah dan menyalurkan sampah sesuai dengan kelompoknya yang bernilai ekonomi pada pasar dan menjualnya pada pengepul/lapak. Anggota bank sampah pun dapat memperoleh keuntungan ekonomi dari menabung sampah.


Sistem Kerja Bank Sampah

Apa Itu Bank Sampah? Yuk, Ketahui Hal Penting Ini Untuk Jaga Kebersihan Lingkungan!
source: https://pontianak.tribunnews.com/

Sampah yang dikumpulkan dan disetorkan oleh nasabah harus sudah terpilah berdasarkan kategori yang ditentukan. Kategori ini berupa sampah kertas, kaca, logam, dan sampah plastik. Pembuatan kategori ini biasanya disesuaikan dengan kemampuan dan kemauan masyarakat yang menyetorkan sampahnya. Beberapa bank sampah membuat kategori yang lebih rinci seperti: botol plastik, gelas plastik, kertas putih, kertas buram dan beragam kategori detail lainnya. Nah, masing-masing dari kategori sampah memiliki harga atau nilai yang berbeda satu sama lain. Nilai itulah yang nantinya akan dihitung hingga mencapai jumlah tabungan tertentu.

baca juga


Program Nasional tentang Bank Sampah

Apa Itu Bank Sampah? Yuk, Ketahui Hal Penting Ini Untuk Jaga Kebersihan Lingkungan!
source: https://www.timesmedia.co.id/

Sebenarnya, keberadaan bank sampah ini sudah menjadi bagian dari program nasional sebagai bentuk keseriusan negara dalam mengelola sampah rumah tangga demi menjaga lingkungan dan alam yang lebih baik. Hal ini diatur dalam Undang-Undang Nomor 18 tahun 2008 yang mengamanatkan pengelolaan sampah dengan berdasar pada prinsip 3R (Reduce, Reuse, Recycle). Dengan kata lain, pemerintah secara langsung mengajak masyarakat untuk mengurangi, menggunakan kembali dan mendaur ulang sampah dan limbah, khususnya dari hasil rumah tangga. 


 

Apa Itu Bank Sampah? Yuk, Ketahui Hal Penting Ini Untuk Jaga Kebersihan Lingkungan!
source: https://ambonkita.com/

Hingga saat ini, keberadaan bank sampah ini terbukti berhasil memberikan pengaruh besar dalam pengolahan sampah tahunan. Penerapan 3R (Reduce, Reuse, Recycle) yang melibatkan masyarakat secara langsung melalui edukasi pemilahan, penerapan 3R, serta mekanisme bank sampah menunjukkan hasil yang cukup signifikan. Hingga saat ini sudah ada 5.244 bank sampah yang tersebar di seluruh 34 provinsi dan 219 kabupaten/kota. Bank sampah yang sudah terbentuk itu secara aktif memberikan kontribusi terhadap pengurangan sampah nasional yang berasal dari sampah rumah tangga hingga sebanyak 1,7% dari total sampah nasional.