Dilansir dari World of Buzz melalui Detikcomseorang wanita memperlihatkan sebuah video yang menyeramkan terkait boba. Wanita ini menunjukkan tumpukan boba di jalan yang sudah mengeras seperti batu. Wanita ini mengaku sengaja menuang sisa minuman dengan boba ke jalanan untuk diberikan pada kucing. Namun pada pagi harinya ia terkejut setelah melihat boba kenyal yang dituang ini berubah menjadi sangat keras. Dan ternyata boba ini menempel dan melekat kuat pada jalanan sehingga sulit diangkat. Kemudian wanita ini mengklaim bahwa hal seperti ini yang terjadi pada perut ketika terlalu banyak menyantap boba.

Viral Video Boba Mengeras, Ketahui Bahaya dan Tips Aman Minum Boba
source: https://food.detik.com/
"Jadi inilah yang terjadi di dalam perut kita ketika kita minum dan makan boba ini. Apakah Anda masih ingin mengkonsumsi ini?"
source: https://food.detik.com/

Bukannya mendapat tanggapa positif, wanita ini justru mendapatkan reaksi negatif dari netizen. Mereka mempertanyakan tentang aksi wanita ini yang memberikan boba kepada kucing. Netizen menganggapnya konyol. Selain itu, ada juga netizen yang mengatakan bahwa ada beberapa jenis makanan yang memang akan kering dan keras jika dijemur di bawah sinar matahari, seperti nasi, pasta, sayuran dan lain sebagainya.

Bahaya Minuman Boba

Meski rasanya enak, manis, dan memiliki tekstur yang menggemaskan, ternyata minuman boba menyimpan bahaya yang bisa mengancam kesehatan kita jika dikonsumsi terlalu banyak. Kira-kira apa saja ya Moms bahaya minuman boba untuk kesehatan?

Sembelit
Topping minuman yang terbuat dari tapioka ini dapat menimbulkan masalah pencernaan, termasuk masalah sembelit. Selain itu di sejumlah gerai yang menjual minuman boba, ada yang dengan sengaja menambahkan pengental dan pengawet pada bubble tersebut. Jadi sebaiknya jangan konsumsi terlalu banyak, ya.

Masalah Obesitas
Moms sering minum boba? Siap-siap menabung lemak dalam tubuh ya, Moms. Ketika Moms terlalu sering minum boba, maka akan terjadi peningkatan kadar trigliserida dan kolesterol yang dapat menyebabkan terjadinya obesitas. Untuk menghindari obesitas, sebaiknya Moms minum bubble tea tanpa topping seperti boba, jeli, dan puding.

Penyebab Kanker
Sekelompok peneliti Jerman di University Hospital Aachen menemukan bahwa jejak-jejak bifenil aspoliklorinasi atau PCB dalam sampel gelembung tapioka. Nah, zat inilah yang merupakan zat penyebab kanker dan dapat memberikan efek buruk bagi kesehatan seperti penurunan sistem kekebalan tubuh, reproduksi, dan saraf.

Bahaya Minuman Boba
source: https://www.suara.com/

Penyebab Diabetes
Selain menyebabkan obesitas, kandungan gula yang tinggi dalam minuman boba dapat menyebabkan terjadinya resistensi insulin. Alhasil, penyakit diabetes melitus tipe 2 akan timbul dan mengganggu kesehatan. Moms, tentu nggak mau dong punya penyakit diabetes?

Jantung dan Asam Urat
Bahaya lain dari minuman boba ini adalah meningkatkan risiko jantung dan asam urat. Kandungan gula dan kalori yang tinggi sangat berbahaya untuk kesehatan. Berdasarkan penelitian, mengonsumsi minuman manis lebih dari 2 kali per hari, dapat meningkatkan risiko terkena asam urat sebesar 1,78 kali pada pria dan 3,05 kali pada wanita.

Lemak Trans Tinggi
Kadar gula dalam bubble tea mengandung lemak trans dalam jumlah yang banyak. Tahu dong, Moms. Ketika sebuah makanan memiliki kandungan lemak trans yang tinggi, maka banyak efek negatif bagi kesehatan, seperti kolesterol jahat yang meningkat, daya ingat yang menurun, hingga meningkatkan risiko penyakit jantung dan stroke.

baca juga

Tips Sehat Minum Boba

Minuman boba memang memiliki sederet bahaya yang mengancam kesehatan, tapi bukan berarti Moms tidak boleh sama sekali minum boba, ya. Berikut ini tips sehat minum boba untuk meminimalisasi efek buruknya.

  • Pesanlah bubble tea dengan lebih sedikit gula (less sugar).
  • Bila ingin menggunakan boba sebagai ‘topping’, pilihlah jenis minuman yang tidak menggunakan susu, misalnya smoothies buah.
  • Bila ingin memesan bubble tea yang mengandung susu, jangan gunakan topping lain seperti boba, jeli, dan puding.
Tips Sehat Minum Boba
source: https://indonesiainside.id/

Wah ternyata banyak ya Moms bahaya boba untuk kesehatan. Meski rasanya enak dan Moms suka, sebaiknya Moms mengosumsinya minuman boba maksimal 2 kali dalam sebulan. Namun jika Moms sedang melakukan diet, sebaiknya hindari minuman ini agar diet Moms berhasil. Semoga informasi ini bermanfaat, Moms.