Perawatan kecantikan dengan bahan alami atau rempah tradisional memang yang paling aman, moms. Selain aman, tentu akan memberikan efek yang baik untuk kecantikan mulai dari bibir, kulit wajah, hingga rambut. Masalah kecantikan seperti penuaan dini, rambut rontok, ketombe, kulit kusam, jerawat, dan lain-lain, bisa diatasi dengan rempah-rempah tradisional di bawah ini.

Buah Pala

Buah pala dapat menjaga kesehatan kulit sekaligus mengatasi masalah kulit seperti jerawat, warna kulit tidak merata, mengurangi produksi minyak berlebih, dan menyamarkan flek hitam di wajah. Buah pala juga bisa membuat wajah lebih glowing dengan cara mencampurkan bubuk buah pala dengan air santan alami, lalu aduk, kemudian balurkan ke wajah yang sudah dibersihkan.  

Buah Pala
baca juga

Kemiri

Rempah tradisional ini mengandung linoleic acid yang bermanfaat melembabkan kulit, menghindari kulit kusam serta mengatasi keriput sehingga kulit tampak lebih sehat dan segar. Selain linoleic acid, kemiri juga mengandung saponin, vitamin E dan antioksidan yang bermanfaat untuk melindungi kulit dari kanker, menangkal radikal bebas, serta meremajakan kulit.

Kemiri

Lada

Lada sangat aman digunakan untuk scrub wajah sekaligus bahan alami ini berkhasiat mengangkat sel kulit mati, debu, kotoran, dan mengecilkan pori-pori. Anti-bakteri pada lada mampu mengatasi masalah jerawat. Tak hanya baik untuk kulit wajah, lada juga bermanfaat menghilangkan ketombe, membersihkan kotoran pada kulit kepala, dan mengobati peradangan di kulit kepala. Lada juga bisa dijadikan bahan alami untuk program diet karena dapat melunturkan lemak di dalam tubuh dan membantu menurunkan berat badan.

Lada
baca juga

Merica

Rambut menipis karena terjadinya kerontokan bisa membuat moms tidak percaya diri bukan? Moms mungkin merasa tidak cantik lagi. tapi tenang saja, mom, rambut rontok dan masalah kecantikan lainnya bisa diatasi dengan merica. Merica dapat mencegah kerontokkan pada rambut dan memperkuat akar rambut.

Merica juga dapat membuat rambut berkilau, lembut, moms cukup campurkan merica yang sudah dihaluskan dengan jeruk nipis, oleskan ke seluruh rambut, diamkan selama 10 menit kemudian bilas. Merica bermanfaat pula untuk mengangkat sel kulit mati, menyembuhkan vitilingo, mencegah dan mengatasi jerawat.

Merica

Jahe

Masalah kulit seperti sunburn karena terpapar langsung sinar matahari bisa menyebabkan kulit terasa panas dan perih. Masalah tersebut bisa diatasi dengan menggunkan jahe yang mengandung nutrisi baik untuk kesehatan kulit seperti vitamin B kompleks, vitamin C, antioksidan, dan mineral. Sehingga masalah kulit lainnya bisa diatasi seperti jerawat, minyak berlebih, kulit kering, penuaan dini, dan lain-lain.

Jahe

Cengkeh

Cengkeh dipercaya memiliki khasiat untuk kesehatan sekaligus kecantikan kulit dan rambut. Cengkeh bersifat anti-mikroba yang membantu mengatasi masalah jerawat. Rempah tradisional ini juga mampu melembutkan kulit dan menyamarkan noda. Cengkeh juga bisa dijadikan kondiioner rambut serta menjaga kekuatan rambut agar tidak cepat rontok.

Cengkeh

Kayu Manis

Kayu manis bisa dijadikan lip balm alami, lho, moms. moms cukup mencampurkan bubuk kayu manis dengan minyak kelapa, kemudian oleskan pada bibir. Alhasil masalah bibir kering dan pecah-pecah bisa teratasi. Bibir akan jauh terlihat lebih sehat dan lembap.

Kayu Manis

Asam Jawa

Moms yang menginginkan kulit halus dan cerah, wajib mencoba asam jawa sebagai bahan alami perawatan kulit. Selain itu, asam jawa cocok digunakan oleh moms yang mengalami kulit muncul kerutan. Dengan asam jawa, sel-sel kulit mati akan terangkat, masalah rambut rontok juga akan teratasi.  

Asam Jawa