Asam jawa merupakan rempah tradisional Indonesia yang biasa digunakan untuk menambah cita rasa masakan. Asam jawa memiliki rasa asam yang khas. Meski terlampau asam dan memiliki bentuk yang kurang menarik, asam jawa yang bisa dikonsumsi dengan cara direbus ini memiliki dampak baik untuk tubuh, kemudian diminum air rebusannya. Hal tersebut dikarenakan asam jawa mengandung segudang manfaat bagi kesehatan tubuh.

Melawan Kanker

Asam jawa mengandung geraniol yang merupakan bagian dari fitokimia yang berfungsi mencegah pentumbuhan tumor pankreas. Asam jawa pun baik dikonsumsi karena dipercaya dapat menghentikan dan mengobati kanker pankreas.

Melawan Kanker
baca juga

Obat Asma

Asam jawa bersifat anti histamin yang berkhasiat mengobati penyakit asma jika dikonsumsi secara rutin. Moms bisa mengonsumsi asam jawa bersamaan dengan kulit pohon adas pulowaras di dalam air mineral, setelah itu saring dan minum air rebusannya.

Obat Asma

Obat Disentri

Disentri sendiri merupakan penyakit yang menyerang usus hingga menyebabkan diare yang disertai darah atau lendiri. Penyakit disentri ini bisa diobati dengan bahan alami yakni mengonsumsi asam jawa. Moms bisa rebus menjadi satu asam jawa, temulawak, dan kunyit, lalu saring airnya kemudian minum.

Obat Disentri
baca juga

Menurunkan Kolesterol

Asam jawa mengandung vitamin C yang berkhasiat menurunkan kadar kolesterol, terlebih jika asam dikonsumsi secara rutin. Cara mengonsumsinya cukup mencampurkan asam jawa yang sudah ditumbuhk dengan air panas, lalu saring airnya untuk kemudian diminum.

Menurunkan Kolesterol

Obat Eksim

Asam jawa biasa digunakan bagi penderita eksim untuk mengobati penyakit tersebut. Eksim sendiri merupakan jenis penyakit dengan ciri kulit terasa gatal hingga muncul ruam merah. Lebih parahnya lagi, eksim akan merusak jaringan kulit hingga kulit melepuh dan mengeluarkan nanah. Ketika eksim menyerang sebaiknya cepat mengonsumsi air rebusan asam jawa yang bisa dicampur dengan gula aren dan temulawak.

Obat Eksim

Meningkatkan Sirkulasi Darah

Kandungan kalium yang terdapat pada asam jawa berfungsi menjaga keseimbangan cairan normal dalam tubuh sehingga mampu mengontrol dan meningkatkan sirkulasi darah. Asam jawa bermanfaat memproduksi serta mengembangkan sel darah merah. Hal tersebut di karenakan asam jawa mengandung zat besi.

Meningkatkan Sirkulasi Darah

Baik untuk Kesehatan Mata

Tidak banyak yang tahu bahwa asam jawa berpengaruh baik terhadap kesehatan mata. asam jawa mengandung vitamin A yang baik untuk kesehatan mata. dengan rutin mengonsumsi asam jawa akan menurunkan risiko katarak dan degenerasi makula.

Baik untuk Kesehatan Mata

Meningkatkan Daya Tahan Tubuh

Asam jawa bersifat antiseptik yang berfungsi sebagai obat infeksi. Dengan kandungan vitamin C dan antioksidan, asam jawa berkhasiat bagi kesehatan tubuh salah satunya meningkatkan daya tahan tubuh, sekaligus menghambat pertumbuhan pertumbuhan mikroba dan jamur.

Meningkatkan Daya Tahan Tubuh