Tips memilih bra untuk ibu hamil

Perubahan payudara yang semakin membesar dan sensitif pada ibu hamil adalah faktor utama dalam pemilihan bra yang nyaman sesuai kebutuhan. Karena jika salah memilih bra saat hamil akan mengakibatkan napas Moms menjadi sesak dan menimbulkan kulit merah, serta iritasi.

1. Pilihlan bra yang tidak menggunakan kawat dan busa

Kawat bra membuat payudara tak nyaman bahkan sakit, bahkan dapat menyumbat saluran ASI. Busa pada bra dirancang untuk menonjolkan bentuk payudara. Bra dengan kawat dan busa sudah waktunya ditinggalkan oleh ibu hamil. Selain untuk kenyamanan, ibu hamil tak perlu lagi menonjolkan payudara karena secara alami payudara bumil menjadi lebih besar dari ukuran sebelumnya.

2. Cup penuh tali lebar

Pilihlah bra berbahan lembut yang nyaman. Sebaiknya pilih model mangkok atau cup penuh yang bisa menyangga seluruh permukaan payudara. Tali bra lebar juga lebih disarankan karena mengikat kuat payudara supaya tetap di tempatnya.

Tips Memilih Bra Untuk Ibu Hamil, Intip Rekomendasinya Juga, Moms!
source: https://m.kumparan.com/amp/@kumparanmom/kenapa-ibu-hamil-sebaiknya-tidak-memakai-bra-berkawat-1542947483251195551

3. Bra dengan banyak kaitan di belakang

Pilih bra dengan kait di belakang yang lebih banyak, sehingga bisa dipasang sesuai kebutuhan dan juga lebih nyaman karena menopang kokoh payudara Moms.

4. Pilih bra menyusui

Memasuki trimester ketiga kehamilan, Moms bisa memilih bra khusus menyusui. Selain ukuran bra menyusui lebih sesuai untuk usia kehamilan ini, bra menyusui juga bisa dipersiapkan untuk kebutuhan menyusui pasca melahirkan.

5. Perawatan bra ibu hamil

Bra ibu hamil dan menyusui tak perlu dicuci di mesin cuci. Cukup kucek bra dengan sabun cair atau deterjen khusus pakaian dalam. Dalam pemakaian, sebaiknya ganti bra setiap sehari dua kali untuk memastikan kebersihannya. Saat tidur, sebaiknya lepaskan kaitan bra atau lepaskan bra agar lebih nyaman.

Rekomendasi bra ibu hamil dan menyusui

1. Eve maternity nursing bra LBH085

Tips Memilih Bra Untuk Ibu Hamil, Intip Rekomendasinya Juga, Moms!
source: https://www.blibli.com/p/mooimom-super-elastic-seamless-maternity-nursing-bra-ibu-hamil-menyusui-purple/pc--MTA-1045012?ds=MOM-26112-00127-00002

Bra ibu hamil dan menyusui ini cocok untuk memberikan mood booster bagi Moms. Karena motif shabby chic dengan warna-warna pastel yang lembut bisa membuat hari-hari Moms terasa lebih ceria. Apalgi jika produksi ASI sedang tidak lancar karena mood menurun, wah bra ini cocok sekali digunakan.

Bra ini juga tersedia hingga size 42, pilihlah yang sesuai dengan Moms. Produk yang berjenis bukaan depan ini memiliki busa yang kokoh serta dilengkapi kawat yang mampu membuat payudara Moms tampak indah. Jadi, apabila Anda memakai bra ini setelah melahirkan pun, kami pastikan Moms tetap merasa percaya diri karena payudara tidak terlihat mengendur. Moms juga tak perlu merogoh kocek terlalu dalam untuk bisa membeli bra ini. Wah, mantap!

baca juga

2. Genie bra

Disaat hamil penting melakukan olahraga ringan ataupun yoga, hal ini akan memudahkan Moms saat tiba persalinan nanti. Pilihlah bra sport yang nyaman saat melakukan olahraga ya Moms. Seperti genie bra ini, produk dengan warna-warna neon ini untuk aktivitas olahraga Moms. 

Tips Memilih Bra Untuk Ibu Hamil, Intip Rekomendasinya Juga, Moms!
source: https://www.amazon.com/Womens-Genie-Comfort-Bright-Colors/dp/B00FQIVRQ2

Desainnya dirancang sama seperti bra sport yang tidak menggunakan kawat ataupun pengait di bagian belakang dan sangat lentur. Bra ini mampu menopang payudara Moms dan tidak membuatnya kendur karena tali pada bahunya sangat lebar. Hanya dengan mengeluarkan dana sebesar 25 ribu saja Moms sudah bisa membeli bra ini, lho. Wah, terjangkau sekali ya, Moms!

3. Sorex 8200 nursing bra

Tips Memilih Bra Untuk Ibu Hamil, Intip Rekomendasinya Juga, Moms!
source: https://m.tokopedia.com/barangkece/nursing-bra-bh-menyusui-tanpa-kawat-sorex-8200

Bra ini khusus digunakan bagi ibu menyusui, namun dapat juga digunakan pada ibu hamil. Pasalnya bra ini dilengkapi dengan busa yang dapat di lepas dan dipasang kembali sesuai keinginan. Jadi, Moms tak perlu lagi menggunakan breast pad karena takut ASI merembes, cukup pasangkan busa pada bra ini dan masalah selesai.

Bra ini juga cocok digunakan saat Moms ingin santai di rumah atau ingin tidur dengan nyaman tanpa bra yang menyesakkan, Moms bisa melepas busanya. Saat sedang keluar rumah, Moms bisa memasang busanya kembali. Produk ini juga dapat mencegah bakteri penyebab jamur tumbuh karena bahan yang digunakan adalah microfiber yang merupakan bahan yang dapat kering dengan cepat.

baca juga

4. Mamaway second skin seamless nursing bra

Bagi ibu hamil yang aktif, akan sangat merepotkan jika memakai pakaian yang tak nyaman termasuk bra, bukan? Namun, jika Moms menggunakan produk ini, kenyamanan ekstra akan Moms rasakan. Dibuat dari bahan yang sangat elastis, bra ini akan terasa menyatu dengan payudara Moms secara menyeluruh, serasa Moms tidak sedang memakai bra!

Tips Memilih Bra Untuk Ibu Hamil, Intip Rekomendasinya Juga, Moms!
source: https://www.blibli.com/amp/p/mamaway-second-skin-seamless-nursing-bra-ibu-hamil-menyusui-pink/ps--MAY-14961-00035

Selain elastis, produk ini menggunakan bahan nilon dengan kadar 90% yang dipastikan aman bagi kulit. Mamaway Second Skin Seamless Nursing Bra dapat mengangkat payudara secara alami sehingga membantu mencegah bentuk payudara yang mengendur. Beli dan rasakan sendiri sensasinya!

5. Maternity crossover bra kerah V

Saat kehamilan memasuki trimester ketiga, sebaiknya Moms membeli bra menyusui yang memiliki dua fungsi, yaitu bisa digunakan saat kehamilan hingga menyusui. Biasanya bra menyusui memiliki bukaan di bagian depan dan bahannya lembut.

Tips Memilih Bra Untuk Ibu Hamil, Intip Rekomendasinya Juga, Moms!
source: https://www.mooimom.id/product/bra-hamil-menyusui-crossover/

Moms dapat membeli bra dengan model belahan V. Bra jenis ini sangat nyaman digunakan saat hamil, karena mampu menopang payudara secara maksimal dan tidak memiliki kawat. Tidak hanya itu, bentuk V, memudahkan Moms menyusui si kecil saat ia lahir kelak.

Berikut tadi rekomendasi bra yang bisa Moms gunakan pada masa kehamilan. Sudah putuskan ingin beli yang mana Moms?