Pori-pori menjadi masalah yang harus segera diatasi karena akan menurunkan rasa percaya diri. Segala cara pun dilakukan, tetapi pori-pori tetap saja tidak hilang. Maka dari itu, moms bisa ketahui terlebih dahulu penyebab pori-pori membesar di bawah ini agar pori-pori membesar bisa teratasi.

Produksi Sebum Meningkat

Sebum merupakan minyak yang diproduksi oleh kelenjar minyak. Fungsi sebum sendiri yaitu membantu melembabkan kulit maupun rambut. Namun, sebum yang berlebih bisa menjadi penyebab pori-pori di wajah membesar. Sebum berlebih bisa menyumbat pori-pori kemudian bersatu dengan kotoran yang menempel di kulit hingga menyebabkan timbulnya jerawat. Munculnya sebum berlebih dikarenakan hormon, penggunaan obat-obatan tertentu, makanan yang dikonsumsi, stres maupun kondisi kesehatan.

Produksi Sebum Meningkat
baca juga

Jarang Membersihkan Wajah

Jarang membersihkan wajah bisa menyebabkan pori-pori membesar. Kotoran debu maupun bekas makeup yang menempel di kulit karena tidak dibersihkan bisa menyumbat pori-pori. Maka dari itu, moms wajib membersihkan wajah pada pagi hari, malam sebelum tidur, serta sebelum dan sesudah olahraga. Akan tetapi jangan terlalu sering membersihkan wajah ya, moms, karena bisa menyebabkan wajah kering. Jika wajah kering, por-pori akan terlihat lebih besar. Pastikan wajah selalu bersih dan lembap.

Jarang Membersihkan Wajah

Memakai Makeup Tebal

Pori-pori bisa makin besar jika memakai makeup yang tebal. Jika wajah sering dilapisi oleh bahan kimia dari makeup yang digunakan, wajah akan sulit dibersihkan, dan cepat rusak bahkan terlihat cepat menua. Jika kamu sudah melihat tanda pori-pori membesar, sebaiknya hentikan pemakaian makeup berlebihan, dan biarkan kulit moms beristirahat sejenak tanpa makeup.

Memakai Makeup Tebal
baca juga

Tidak Memakai Tabir Surya

Penggunaa tabir surya dapat melindungi kulit dari paparan sinar matahari, mencegah timbulnya flek hitam, mencegah terjadinya dehidrasi kulit atau dapat melembabkan kulit, dan mempertahankan kolagen. Tidak memakai tabir surya terlebih saat berada di luar ruangan akan membuat kulit menjadi kering, bersisik, dan tidak sehat. Sel kolagen pun juga akan rusak, sehingga menyebabkan pori-pori mudah membesar. Sementara tabir surya akan membuat pori-pori mengencang, moms. Jadi, pastikan selalu memakai tabir surya dengan kandungan SPF yang tinggi.  

Tidak Memakai Tabir Surya

Menghilangkan Komedo

Cara mengeluarkan komedo bisa menyebabkan pori-pori membesar baik mengeluarkannya dengan tangan sendiri ataupun dengan alat khusus mengeluarkan komedo. Melakukan pencabutan komedo yang terlalu sering membuat pori-pori makin membesar bahkan setelahnya bisa menimbulkan noda hitam.  

Menghilangkan Komedo