Membawa bekal makanan dan minuman sangat penting saat traveling. Mulai dari makanan berat hingga ringan pun wajib dibawa. Namun, ada beberapa makanan yang biasa dibawa dan bisa menimbulkan masalah pencernaan, masalah lambung, dan memicu rasa mual saat perjalanan. Tentu perasaan tersebut membuat moms tidak nyaman, bukan? Sebaiknya moms hindari makanan dan minuman di bawah ini saat traveling.

Gorengan

Melakukan perjalanan sambil memakan gorengan sebagai menu cemilan memang paling nikmat, moms. tetapi gorengan terlebih yang mengandung minyak banyak bisa memicu dehidrasi. Gorengan juga tidak baik dikonsumsi karena menyebabkan kolesterol jahat menumpuk di dalam tubuh. Jika kolesterol kambuh saat perjalanan, moms akan terasa tidak nyaman. Ganti gorengan dengan cemilan sehat yang tidak digoreng seperti biscuit, pisang, dan lain-lain.

Gorengan
baca juga

Soda

Saat traveling, tubuh membutuhkan stamina lebih, daya tahan tubuh pun harus selalu terjaga agar tubuh tidak mudah lelah selama perjalanan. Meminum soda sebelum atau saat traveling bisa membuat daya tahan tubuh menurun. Meminuman soda juga bisa menimbulkan produksi asam dalam lambung meningkat. Minuman soda juga bisa membuat perut kembung, sehingga membuat moms tidak nyaman saat traveling.

Soda

Alkohol

Sama dengan minuman bersoda, alkohol juga harus dihindari untuk dikonsumsi saat traveling karena bisa menyebabkan perut kembung dan asam lambung meningkat. Terlebih jika moms memiliki riyawat penyakit maag, akan menambah parah penyakit tersebut. Alkohol sangat berbahaya jika diminum saat traveling karena bisa menyebabkan mabuk, suasana hati berubah menjadi buruk, dan dehidrasi. Sebaiknya ganti minuman dengan air mineral biasa, ya.

Alkohol
baca juga

Menu Olahan Susu

Mengonsumsi susu termasuk produk olahannya selama traveling bisa menyebabkan perut kembung hingga mabuk perjalanan. Misalnya saja keju yang bisa membuat perut kembung, sehingga bisa mengalami masalah pencernaan dan aktivitas traveling bisa terganggu.

Menu Olahan Susu
source: https://www.sahabatnestle.co.id/

Makanan Cepat Saji

Saat melakukan perjalanan dan perut lapar, makanan cepat saji paling mudah dicari, sekaligus cara penyajiannya yang tidak ribet saat traveling. Namun, makanan cepat saji wajib dihindari saat traveling karena sulit dicerna dan mengganggu lambung moms. Bahkan naiknya asam lambung akibat makanan cepat saji bisa menimbulkan sensasi terbakar di bagian dada. Banyak sekali risiko buruk yang didapatkan oleh tubuh karena makanan cepat saji yang tidak ada nilai gizinya.  

Makanan Cepat Saji

Makanan Pedas

Untuk menghincari sakit perut saat perjalanan, sebaiknya hindari juga penyebabnya yakni makanan pedas. Makanan pedas bisa menyebabkan sembelit, panas dalam, diare, tenggorokan tidak nyaman, masalah pada lambung sehingga perjalanan tidak nyaman.  

Makanan Pedas