Kandungan Air Cucian Beras

Air cucian beras sering kita abaikan. Karena lebih sering membuangnya daripada mengambil manfaatnya. Nah moms, ternyata air cucian beras tersebut memiliki kandungan yang baik untuk kesehatan kulit dan rambut lho. 

Kandungan Air Cucian Beras
source: https://www.instagram.com/zerowaste.id_official/

Adapun beberapa kandungan dalam air beras antara lain vitamin B kompleks, antioksidan, oryzanol yang bermanfaat untuk kecantikan kulit wajah dan berbagai kandungan lain yang bermanfaat untuk kesehatan rambut. 

Manfaat Air Beras Untuk Kecantikan

Air beras yang mengandung berbagai nutrisi baik ini mampu memenuhi kebutuhan nutrisi wajah kamu moms. Adapun manfaat air  beras ini dapat mencerahkan kulit wajah, menyamarkan noda hitam dengan kandungan oryzanolnya dan mengecilkan pori-pori. Selain itu, bagi kulit yang rawan berjerawat, terapi ini sangat cocok untuk dilakukan moms, karena kandungan allantoin dalam air ini mampu membantu mengatasi jerawat yang membandel.

Rice water sangat aman dan tidak memberikan efek samping untuk kulitmu moms, karena merupakan sari dari bahan alami. Harganya pun sangat terjangkau bukan?
baca juga

Cara Memanfaatkan Rice Water untuk Kecantikan

Cara membuatnya sangat mudah moms. Kamu hanya perlu menyiapkan beras non pestisida setengah gelas dan dua gelas air. Masukkan beras pada wadah kemudian tambahkan air yang sudah disiapkan. Diamkan selama 20 menit. Selanjutnya air tersebut disaring sebanyak tiga kali. Simpan air tersebut di tempat yang tertutup.

Gunakan air tersebut untuk cuci muka gar muka terlihat lebih cerah. Jika memang beras mengandun pestisida, maka moms bisa menggunakan air rendaman yang kedua dan ketiga. Karena yang pertama harus dibuang dulu untuk menjaga kualitas air beras.

Cara Memanfaatkan Rice Water untuk Kecantikan

Cara kedua yaitu dengan meletakkan beras yang sudah dicuci diatas kain katun atau bahan lainnya yang tidak mudah robek, kemudian menumbuknya. Setelah hancur kemudian masukkan ke dalam air hangat dan oleskan pada wajah hingga merata. Setelah itu bersihkan dengan handuk hingga kering. Air beras tersebut bisa disimpan di lemari es dalam wadah tertutup dan dapat tahan selama seminggu. 

Manfaat Air Beras Untuk Rambut

Manfaat lain air beras tersebut adalah untuk menjaga kesehatan rambut moms. Di Jepang, air beras ini digunakan sebagai nutrisi untuk melebatkan rambut. Cara menggunakannya bisa dengan digunakan sebagaimana conditioner, setelah keramas. Selamat mencoba moms!

Manfaat Air Beras Untuk Rambut