Cerah dan Elegan

Selasa (1/10) Mulan Jameela dilantik sebagai anggota DPR RI periode 2019-2024. Yang menarik di sini, Mulan mengenakan baju bodo yang merupakan pakaian adat suku Bugis-Makassar. Seperti dilansir Detik, Mulan mengaku mengenakan pakaian adat baju bodo ini karena adanya konsep dari acara pelantikan tersebut.

Cerah dan Elegan
source: https://news.detik.com/
"Baju bodo rancangan Didiet Maulana. Ini kan semua pake baju nasional kan. Kebetulan pakai baju bodo, karena konsepnya juga sesuai," ujar Mulan.
source: https://news.detik.com/

Mulan mengaku siap dengan mandat yang diterima untuk menjadi anggota dewan. Ia pun telah mengikuti pembekalan Empat Pilar yang diadakan MPR pada Minggu (29/9) lalu.

Cerah dan Elegan
source: https://news.detik.com/
"Insyaallah, kalau sudah diberi mandat harus siap, sesiap-siapnya," ujar Mulan usai menghadiri pembekalan Empat Pilar di Gedung Nusantara IV, DPR/MPR, Senayan, Jakarta Pusat, Minggu (29/9).
source: https://news.detik.com/

Baju bodo yang dikenakan oleh Mulan Jameela adalah rancangan desainer Didiet Maulana. Mulan nampak cantik dengan baju bodo berwarna kuning cerah dan bawahan kain bermotif kotak-kotak. Seperti biasa, Mulan tidak pernah meninggalkan kesan anggun dan syar'i pada dirinya. Baju bodo Mulan dilengkapi dengan hiasan renda berwarna emas, serta padu padan jilbab dengan warna senada dengan bajunya menambah aura cantik Mulan.

baca juga
Cerah dan Elegan
source: https://www.liputan6.com/

Asal Usul Baju

Baju Bodo adalah pakaian adat suku Bugis-Makassar dan diperkirakan sebagai salah satu busana tertua di dunia. Perkiraan itu didukung oleh sejarah kain Muslim yang menjadi bahan dasar baju bodo. Kain Muslin adalah lembaran kain hasil tenunan dari pilinan kapas yang dijalin dengan benang katun. Memiliki rongga dan kerapatan benang yang renggang menjadikan kain Muslin sangat cocok untuk daerah tropis dan daerah beriklim kering.

Baju Bodo berbentuk segi empat, biasanya berlengan pendek, yaitu setengah atas bagian siku lengan. Dalam bahasa Makassar, kata “Bodo” berarti pendek. Dahulu Baju Bodo dipakai tanpa baju dalaman sehingga memperlihatkan payudara dan lekuk-lekuk dada pemakainya, dan dipadukan dengan sehelai sarung yang menutupi bagian pinggang ke bawah badan.

Cerah dan Elegan
source: https://www.kompasiana.com/

Namun seiring dengan masuknya pengaruh Islam di daerah ini, baju yang tadinya memperlihatkan aurat pun mengalami perubahan. Busana transparan ini kemudian dipasangkan dengan baju dalaman berwarna sama, namun lebih terang. Sedangkan busana bagian bawahnya berupa sarung sutera berwarna senada.

Pakaian tradisional ini sering dipakai untuk acara adat, seperti upacara pernikahan. Tetapi sekarang, penggunaan Baju Bodo mulai meluas untuk berbagai kegiatan, misalnya lomba menari atau upacara penyambutan tamu-tamu kehormatan. Seperti Mulan yang mengenakan baju bodo dalam acara pelantikan DPR RI.