Berkonsultasi dengan Dokter Kandungan yang Pro ASI

Hal paling pertama kamu perlu lakukan adalah berkonsultasi dengan dokter kandungan yang pro ASI. Mengapa spesialis kandungan yang pro ASI? Alasannya, karena dokter akan memberikan solusi terbaik untukmu. Apabila kehamilanmu dinyatakan sehat dan normal oleh dokter, maka menyusui selama hamil tetap diperbolehkan. Sebaliknya, jika kehamilanmu ternyata termasuk yang ringkih, maka ambil langkah bijak dengan segera menyapih anak.

 

source: https://www.medela.com/breastfeeding/advice/breastfeeding-tips/lactation-consultant


 

baca juga

Perhatikan Asupan Nutrisi dan Cairan yang Masuk ke Dalam Tubuh

Karena hamil sekaligus menyusui, maka kamu membutuhkan lebih banyak asupan nutrisi daripada biasanya. Nutrisi itu bersumber dari makronutrien seperti karbohidrat, protein dan lemak, juga dari mikronutrien seperti mineral dan vitamin. Pastikan makanan kaya akan asam folat, kalsium, seng dan zat besi kamu konsumsi setiap hari ya, Ladies. Makanan dengan nutrisi ini sangat penting untuk pembentukan janin sekaligus meningkatkan kualitas ASI. Idealnya, kamu makan 3 kali sehari diselingi dengan camilan 2 kali, pagi dan sore. Untuk cairan, minumlah lebih banyak dari pada biasanya sekitar 10-13 gelas setiap hari.

source: http://www.today.com/parents/breastfeeding-diet-what-eat-drink-while-youre-breastfeeding-I529521


 

Pilih Posisi Menyusui yang Tidak Membahayakan Janin

Nah, yang tak kalah penting adalah posisi kamu saat menyusui. Pilihlah posisi menyusui yang melindungi calon bayi di dalam perut, seperti menyusui sambil berbaring. Saat hamil, puting juga menjadi lebih sensitif sehingga mudah lecet dan nyeri. Untuk mengatasinya, oleskan nipple cream agar kelembapan puting terjaga dan nyerinya berkurang.

source: http://www.pinkymckay.com/safe-bed-sharing-gives-breastfeeding-mothers-more-sleep-by-diana-west-ibclc/


 

baca juga

Pertimbangkan Kembali Menyusui Saat Hamil Jika Kamu Pernah Mengalami Keguguran

Saat menyusui, tubuh akan melepaskan hormon oksitoksin yang dapat merangsang kontraksi pada payudara dan rahim. Jika kamu pernah mengalami keguguran pada kehamilan sebelumnya, maka berhati-hatilah dengan kondisi ini. Meski kemungkinan kecil mengakibatkan keguguran, tapi tetaplah waspada dan jaga kesehatan sebaik mungkin.

source: http://fueledforlife.net/2014/02/16/isagenix-during-pregnancy-breastfeeding/


 

Jaga Pikiran Agar Tidak Mudah Stres dan banyak istirahat

Hamil sambil menyusui adalah hal yang cukup berat. Biasanya, di 3 bulan pertama kehamilan, kamu akan merasakan efek perubahan hormon seperti morning sickness atau mual dan muntah di pagi hari, mood swings dan mudah lelah. Belum lagi kamu harus menyusui. Agar mampu melewatinya, selain mengonsumsi makanan bergizi, kamu juga harus menghindari stres, kurangi aktivitas berat dan perbanyak waktu untuk beristirahat.

source: http://chaosandkiddos.com/2014/04/10-tips-to-bed-rest-sanity.html