Beberapa hari terkahir, Moms pasti mendengar kabar tentang demonstrasi yang dilakukan sejumlah mahasiswa dari berbagai daerah. Aksi itu dilakukan para mahasiswa untuk menolak RKUHP, revisi UU KPK yang telah disahkan DPR, dan sejumlah rancangan undang-undang lainnya yang dianggap tidak berpihak pada masyarakat.

Terpapar Gas Air Mata Saat Demo, Ini Cara Aman Mengatasinya
source: https://www.cnnindonesia.com/

Sayangnya, aksi demonstrasi oleh sejumlah mahasiswa di depan gedung DPR RI, Senayan, Jakarta pada Selasa (24/9) berujung rusuh. Selain kontak fisik dengan aparat, tembakan gas air mata turut menghujani para mahasiswa yang memenuhi Jalan Gatot Subroto hingga ruas jalan menuju arah Semanggi. Kontan para demonstran berhamburan untuk menyelamatkan diri dari gas air mata.

Penyebab Mata Perih Saat Terkena Gas Air Mata

Gas air mata mengandung banyak sekali bahan kimia. Seperti dilansir Detik, Kepala Pusat Penelitian Kimia LIPI Agus Haryono mengatakan bahwa ada sejumlah bahan yang terkandung di dalamnya, namun yang terbanyak adalah CS (Chlorobenzylidenemalononitrile).

Penyebab Mata Perih Saat Terkena Gas Air Mata
source: https://health.detik.com/
"Yang paling banyak digunakan adalah gas CS (Chlorobenzylidenemalononitrile)," jelas Agus.
source: https://health.detik.com/

Senyawa CS ini merupakan salah satu bahan yang mengaktifkan reseptor di tubuh dan berhubungan dengan rasa sakit. Selain itu masih banyak senyawa kimia yang terkandung di dalamnya, seperti CR, CN (chloroacetophenone), bromoacetone, xylil bromide, phenacyl bromide, atau semprotan merica.

Dalam wawancaranya dengan Detik, dr Wisnu Pramudito D Pusponegoro, SpB, dari Perhimpunan Dokter Emergency Indonesia mengatakan bahwa meski efek gas air mata membuat mata terasa pedih, umumnya gas air mata ini tidak secara langsung bereaksi dengan permukaan mata kita. Gas ini akan memberikan efeknya sesaat setelah terhirup, lalu bereaksi pada kelenjar air mata.

baca juga
Penyebab Mata Perih Saat Terkena Gas Air Mata
source: https://health.detik.com/
"Efeknya akan terasa setelah terhirup, bukan langsung di permukaan mata saja. Setelah terhirup, baru bereaksi pada kelenjar air mata jadi terasa pedih hingga mata berair,"
source: https://health.detik.com/

Cara Mengatasi Mata Perih Akibat Gas Air Mata

Jika mata terkena gas air mata, ada beberapa langkah yang bisa dilakukan sebagai bentuk penyelamatan diri. Diantaranya adalah

  • Menyingkir sejauh mungkin dari lokasi penembakan gas air mata. Inilah tujuan ditembaknya gas air mata. Agar kerusuhan yang terjadi segera bubar karena demonstran akan sibuk menghindar dari tembakan gas ait mata.
  • Bilas dengan air bersih yang mengalir untuk meredakan sengatan
  • Segera gunakan masker gas atau respirator. Respirator terdiri dari masker karet dengan cartridge atau canister dan filter di sampingnya yang membersihkan polusi dari udara yang dihirup.
  • Gunakan Escape Hood, Escape Hood adalah alat keselamatan yang bisa menfilter udara dan biasanya digunakan ketika terjadi kebakaran atau kecelakaan emisi bahan kimia.
Cara Mengatasi Mata Perih Akibat Gas Air Mata
source: https://hot.liputan6.com/

Nah Moms, itu tadi sedikit ulasan tentang penyebab mata perih karena terkena gas air mata dan cara mengatasinya. Semoga informasi informasi ini bermanfaat, ya.