Cara Mengajarkan Anak Hafal Al Quran Sejak Usia Dini ala Oki Setiana Dewi

Mendengarkan Lantunan Ayat Suci Sejak dalam Kandungan

Sebagai seorang ibu, ustadzah Oki juga merupakan Master Pendidikan Anak Usia Dini yang sangat memperhatikan pendidikan buah hatinya. Maka dari itu, sejak dalam kandungan pun pemain film Ketika Cinta Bertasbih itu juga sering mendengarkan Al Quran untuk mengenalkannya pada sang buah hati. Dengan begitu, buah hati juga tidak asing dengan bacaan Al quran kelak saat sudah dewasa.

Ajarkan Al Quran Sejak Anak Usia 2 Tahun

Kefasihan Maryam, putri sulung ustadzah Oki dalam melatunkan Al quran tentu bukan hasil belajar instan ya moms, sebab sejak mulai bisa bicara atau diusia 2 tahun Maryam sudah diajarkan bacaan Al Quran. Dan metode belajarnya pun bertahap serta konsisten.

Cara Mengajarkan Anak Hafal Al Quran Sejak Usia Dini ala Oki Setiana Dewi

Perdengarkan Al Quran Setiap Hari

Membelajarkan Al Quran sejak kecil saat penting, namun perlu dipahami jika diusia tersebut anak belum mampu membaca Al Quran dengan benar. Karena itu, menurut Oki Setiana Dewi, mengajarkannya dengan cara diperdengarkan Al Quran setiap saat kepada anak.

Cara mengajarkannya pun bisa dengan moms baca saja 1 ayat dengan berulang-ulang, hingga anak benar-benar hafal. Atau bila anak kesulitan menghafal bisa minta anak mengulang bacaan Al Quran minimal 10 kali hingga benar-benar hafal.

Punya Guru Khusus yang Mengajarinya

Sebagai orang tua pada umumnya, adakalanya ustadzah Oki juga memiliki kesibukan yang tinggi. Nah, bila hal ini terjadi untuk tetap membantu putrinya belajar Al Quran maka diberikanlah Maryam guru khusus yang mengajarinya Al Quran setiap hari.

Selain mengajarkan Al Quran, guru juga bisa memantau hafalan anak. Ustadzah Oki pun memberikan porsi belajar Al Quran di sela-sela rutinitas sekolah. Misalnya, luar jam sekolah ya minimal 1 jam buah hatinya murojaah dengan gurunya.

baca juga
youtube:uLo73hakslw
source: https://www.youtube.com/watch?v=uLo73hakslw
Maryam Ngambek Tapi Tetep Hafalan Ngaji...

Ajarkan dengan Ketelatenan

Menurut ustadzah Oki dalam video yang diunggah ke chanel youtube pribadinya, kunci utama mengajari anak menghafal dengan mudah adalah ketelatenan. Karena sebaik apapun metodenya tetap butuh ketelatenan dan pembiasaan. Dan bila anak belum bisa membaca maka cukup orang tua atau gurunya yang ngaji ditalqinkan agar buah hati selalu belajar.

Ajarkan Cinta Allah

Belajar apapun harus didasari rasa cinta. Itu pulalah yang ditanamkan Ustadzah Oki dalam mendidik buah hatinya. Sedari kecil buah hatinya sudah dikenalkan konsep tentang cinta Allah sehingga dalam melakukan satu ibadah apapun dasarnya kecintaan kepada Allah dan bukan sebagai beban.

Itulah tadi beberapa tips cara mengajarkan Al Quran pada anak ala ustadah Oki Setiana Dewi yang bisa moms jadikan inspirasi. Semoga tips ini bermanfaat dan bisa melahirkan generasi quran di rumah moms ya.