Jadi Role Model

Contoh adalah pilihan terbaik dalam mendidik anak. Daripada hanya memberi nasihat memang lebih baik mecontohkan ya moms, misalnya dengan menggunakan kata “tolong” tiap kali moms meminta batuan kepada anak. Dan dengan begitu hal ini mampu tertanam pada perilaku anak sehari-hari.

Perlakukan Anak dengan Kebaikan

Anak baik karena didikan orang tuanya itu pasti. Jadi bila ingin anak tumbuh jadi baik maka perlakukan buah hati dengan baik pula. Hindari pola asuh dengan kekerasan, jangan pula gunakan kata-kata negatif untuk memarahi anak.

Batasi Penggunaan Digital

Lingkungan adalah dasar pembentukan karakter anak, namun tidak dapat dipungkiri jika lingkungan luar juga memberikan pengaruh yang besar pada anak, gadget salah satunya. Pembatasan pengguaan gadget bukan hanya baik untuk kesehatan tubuh tapi juga psikis anak. Bahkan, Akademi Dokter Anak Amerika, hanya menganjurkan penggunaan gadget selama 2 jam pada anak umur 6-18 lho moms.

Stop Bullying! Ini 8 Tips Membesarkan Anak Agar Tidak Terlibat Bullying

Mengenalkan Tindakan Kebaikan

Berbuat baik kepada siapa saja harus diajarkan selalu pada anak. Sering ajak anak berinteraksi dengan orang lain. Ajarkan anak berbagi dengan teman sepermainannya atau ajak buah hati membantu teman/tetangga yang kesusahan.


Jangan Izinkan Kata-Kata Kebencian

Walau tidak diajarkan, namun kata-kata kebencian bisa saja muncul dari anak. Karenanya penting bagi orang untuk selalu melarangan anak menggunakan kata-kata tersebut walau buah hati sebenarnya belum memahami. Sebab, bila itu dibiarkan akan jadi kebiasaan buruk moms.

Ajarkan Rasa Hormat

Menjadi teman bagi anak itu baik, namun menanam rasa hormat juga penting agar dilingkungan luar anak mampu menjaga sikap hormat kepada yang lebih tua darinya seperti kepada paman, bibi, kakek maupun saudara yang lebih besar darinya.

baca juga
Stop Bullying! Ini 8 Tips Membesarkan Anak Agar Tidak Terlibat Bullying

Katakan "Tidak" Bila Itu Perlu

Mengiyakan setiap keinginan anak bukanlah hal baik. Sesekali katakan “tidak” untuk mengajari anak bahwa ada hal-hal yang memang tidak boleh dilakukan. Dan dengan begitu anak juga dapat belajar bahwa tidak semua hal bisa didapat denagn bergitu saja.

Ajarkan Nilai Agama

Psikolog anak Elly Risma mengungkapkan jika agama adalah salah satu pilar penting dalam pendidikan anak. Menurutnya pendidikan agama adalah tanggung jawab serta kewajiban orang tua. Dan dengan mengajarkan anak dekat Tuhan akan membantu moms menjelaskan konsep perilaku baik serta menghindarkan anak berperilaku buruk.

Nah, moms itulah tadi beberapa cara yang dapat dilakukan untuk membesarkan anak menjadi pribadi yang baik hati. Dan karena kebaikan bukan paksaan maka bila anak melakukannya sedikit kesalahan maka moms lah yang harus selalu mengingatkannya dengan sabar. Semoga bermanfaat dan selamat mencoba.