Cara Ampuh Menghilangkan Kantuk, Kurangi Konsumsi 6 Makanan Ini Moms!

Pisang

Pisang yang enak buat sarapan nyatanya justru bisa membuat moms mengantuk. Pisang yang mempunyai kandungan magnesium dan kalium bisa membuat saraf dan otot lebih tenang. Kandungan vitamin B6 yang ada di dalam pisang juga membuat triptofan berubah menjadi serotonin sehingga tubuh yang tegang akan berubah menjadi lebih tenang. Saat tubuh menjadi lebih tenang menjadikan kamu lebih mengantuk. Jadi kalau bisa hindari pisang saat punya kegiatan padat dan menghindari kantuk.

Nasi                                                                                                                                                  Orang Indonesia selalu bilang belum kenyang  kalau belum makan nasi. Makanan pokok ini juga harus kamu jauhi untuk menghindari kantuk. Selain karbohidrat, kadar glikemik yang tinggi pada nasi bisa merangsang produksi melatonin dan triptofan. Karena tubuh bereaksi terhadap asupan nutrisi tadi, inilah yang membuat nasi menjadi salah satu makanan yang memicu rasa kantuk.

Roti Gandum                                                                

Untuk moms yang sedang menjalankan program diet, roti gandum dapat menjadi salah satu pilihan pengganti nasi.  Roti gandum bisa membuat kadar gula naik, sehingga moms akan merasa aktif dan energik saat sarapan dengan roti gandum. Tapi harus diwaspadai kalau asupan glukosa dari roti gandum cepat turun sehingga bisa membuat moms cepat mengantuk pula. 

Cara Ampuh Menghilangkan Kantuk, Kurangi Konsumsi 6 Makanan Ini Moms!

Produk Susu

Sebelum tidur, kadang moms disarankan minum susu hangat agar tidurlebih nyenyak. Untuk itulah produk susu harus dihindari kalau moms berencana begadang atau mengurangi kantuk. Produk susu seperti susu, keju dan yogurt mengandung triptofan yang bisa membuat rileks dan kandungan kalsium dalam susu juga bisa mengurangi stres. Jadi hindari produk susu kalau tidak ingin mengantuk, sebaliknya, kalau ingin tidur lebih nyenyak bisa mengkonsumsi produk susu ini.

Dark Chocolate dan Kue Manis

Dark Chocolate bisa jadi pilihan kamu sedang stres atau mood sedang tidak bagus. Karena dark chocolate dipercaya bisa memberikan efek tenang pada pikiran dan tubuh karena kandungan serotonin di dalamnya cukup tinggi. Selain itu, makanan-makannan manis lainnya juga dapat membuat tubuh bekerja ekstra keras dalam menghadapi lonjakan gula tersebut. Hasilnya moms akan merasa lesu, lemah, dan mengantuk.

Moms, gula memang dapat meningkatkan energi. Namun makanan-makanan tadi juga dapat menurunkannya dengan cepat. Penurunan yang terlalu drastis pada gula dalam darah bisa mengakibatkan tubuh semakin lemas dan sering menguap karena tubuh memerlukan oksigen lebih banyak untuk proses pembakaran energi. 

baca juga
Cara Ampuh Menghilangkan Kantuk, Kurangi Konsumsi 6 Makanan Ini Moms!

Makanan Berminyak

Selain makanan yang tinggi karbohidrat, protein, dan gula tadi, makanan berminyak juga bisa menyebabkan kantuk. Apalagi jika dimakan pada siang hari saat moms butuh konsentrasi tinggi dan tetap terjaga. Karbohidrat dengan lemak seperti yang terdapat pada camilan gorengan hanya akan membuat tubuh moms menurunkan energi dengan cepat sehingga mudah lesu dan mengantuk.


Nah moms, itu tadi beberapa makanan yang harus dihindari agar tidak mengantuk. Namun bukan berarti tak boleh makan sama sekali ya, sebab tubuh juga butuh energi. Namun jika moms ingin terhindar dari kantuk pada hari-hari tertentu, bisa mengatasinya dengan mengurangi jumlah konsumsi makanan-makanan tadi.