1. Reusable Cotton Pads

5 Barang Eco-Friendly Wajib Punya, Yuk Kurangi Limbah Plastik dari Sekarang!

Kira-kira Moms perlu berapa lembar kapas saat membersihkan makeup? 1 lembar cukup? Atau bahkan perlu berlembar-lembar hingga makeup terangkat sempurna? Sadar enggak sadar, limbah kapas yang dihasilkan dalam satu kali membersihkan muka bisa mencapai 5 lembar, apalagi jika menggunakan makeup tebal. Belum lagi saat mengaplikasikan toner dengan kapas. Kira-kira berapa limbah kapas yang dihasilkan jika dikumpulkan dalam sebulan? Banyak banget!

Untuk mengurangi masalah tersebut, kini reusable cotton pads sudah banyak diproduksi untuk menekan limbah kapas lho. Terbuat dari serat bambu dengan bulu-bulu yang lembut, membuat kapas ini bisa digunakan berkali-kali dan ampuh untuk mengangkat makeup ringan hingga tebal. Tak hanya itu, masa pakai kapas ini juga terbilang lama yaitu 3-4 bulan. Menghemat pengeluaran banget, kan?

2. Menstrual Cup

5 Barang Eco-Friendly Wajib Punya, Yuk Kurangi Limbah Plastik dari Sekarang!

Menstrual cup memang sedang menjadi sorotan beberapa waktu terakhir. Terutama bagi mereka yang sangat peduli akan lingkungan. Menstrual cup atau tampon adalah alat yang dibuat sebagai pengganti pembalut biasa dan sudah ada sejak zaman dahulu, lho. Bahan yang digunakan adalah silicon antibakteri sehingga sangat lentur dan bisa dipakai berkali-kali.

Cara penggunaannya pun terbilang praktis karena tinggal dimasukkan ke lubang vagina. Meskipun terdengar mengerikan, menstrual cup sangat efektif untuk menghindari kebocoran yang terjadi saat menstruasi. Bisa jadi solusi juga buat Moms yang kerap kali mengalami iritasi setelah penggunaan pembalut biasa.

baca juga

3. Sedotan Stainless Steel

5 Barang Eco-Friendly Wajib Punya, Yuk Kurangi Limbah Plastik dari Sekarang!
Beberapa restoran fast food sudah banyak menerapkan gerakan tanpa sedotan. Meskipun terlihat sepele, nyatanya sedotan menyumbang angka tertinggi dalam peningkatan limbah plastik di Indonesia. Untuk solusinya, Moms bisa membawa sedotan stainless atau acrylic sehingga bisa digunakan berkali-kali. Cara membersihkannya pun mudah, karena biasanya dalam satu set sedotan ini selalu dilengkapi dengan sikat kecil.

4. Botol Minum

5 Barang Eco-Friendly Wajib Punya, Yuk Kurangi Limbah Plastik dari Sekarang!

Membawa botol minum sendiri saat berpergian mungkin terlihat sangat kuno. Namun ternyata, membawa botol minum yang bisa dipakai berkali-kali sangat berdampak terhadap lingkungan. Salah satunya mengurangi limbah plastik berupa cup hingga botol plastik. Bahkan, beberapa toko kopi di Indonesia pun ikut mendukung gerakan ini lewat promo-promo menarik jika membawa botol minum sendiri dari rumah. Lebih hemat dan bisa berkontribusi untuk lingkungan deh.

baca juga

5. Tas Belanja

5 Barang Eco-Friendly Wajib Punya, Yuk Kurangi Limbah Plastik dari Sekarang!

Saat berbelanja ke supermarket maupun minimarket, tentunya kita membutuhkan kantong plastik untuk belanjaan kita. Akibatnya, akan ada banyak sekali kantong plastik yang menumpuk di rumah. Untuk mengurangi hal tersebut, ada baiknya untuk selalu membawa tas belanja lipat yang mudah untuk dibawa kemana-mana. Perilaku kecil ini akan sangat membantu bumi untuk mengurangi limbah plastik, di mana kebanyakan limbah plastik tersebut berasal dari limbah rumah tangga.