Vitamin E sangat identik dengan dunia kecantikan, mulai dari obat dari dalam hingga untuk penggunaan luar. Tak heran, kebanyakan produk kosmetik menambahkan sedikitnya vitamin E dalam setiap formulanya. Meskipun begitu, kadar vitamin E dalam tubuh harus selalu dalam keadaan seimbang.

Menurut penelitian yang pernah dilakukan, kelebihan kadar vitamin E dalam tubuh dapat meningkatkan risiko pendarahan lho, Moms. Lalu bagaimana jika tubuh kekurangan vitamin E?

1. Kulit Kering

Tak Hanya Kulit Kering, Ini 5 Masalah Kesehatan Akibat Kekurangan Vitamin E

Kulit kering menjadi indikator utama dan paling umum dirasakan saat tubuh kekurangan vitamin E. Ya, vitamin E memang sangat memegang peranan penting dalam kesehatan kulit. Vitamin E kaya akan antioksidan alami yang bisa melawan radikal bebas dan juga mencegah efek buruk sinar ultra violet. Karena kandungan antioksidannya yang tinggi, vitamin E dapat bekerja secara langsung dalam proses peremajaan kulit untuk mencegah beberapa masalah penuaan dini seperti kulit kering ini, Moms.

baca juga

2. Anemia

Tak Hanya Kulit Kering, Ini 5 Masalah Kesehatan Akibat Kekurangan Vitamin E

Tak banyak orang yang tahu bahwa anemia bukan hanya disebabkan karena kekurangan vitamin B12 maupun zat besi. Pun, vitamin E juga dapat ikut andil dalam penyakit ini. Kekurangan vitamin E akan meningkatkan risiko terkena penyakit anemia hemolitik.

Anemia hemolitik adalah penyakit kurang darah yang diakibatkan terlalu cepatnya penghancuran sel darah merah dibandingkan pembentukannya.

3. Kaki Mudah Kram

Tak Hanya Kulit Kering, Ini 5 Masalah Kesehatan Akibat Kekurangan Vitamin E

Penyebab kaki kram memang beragam, mulai dari kurang pemanasan sebelum beraktivitas, kelelahan otot, peredaran darah kurang lancar hingga efek samping dari obat-obatan yang sedang dikonsumsi. Ternyata, kaki kram juga bisa menjadi tanda bahwa tubuh sedang kekurangan vitamin E, lho. Kenapa?

Karena vitamin E dapat mempengaruhi sistem kerja otot, dimana vitamin E merupakan salah satu nutrisi esensial untuk otot juga mampu melancarkan peredaran darah lewat pembentukan sel darah merah yang baru.

baca juga

4. Otot Lemah
Tak Hanya Kulit Kering, Ini 5 Masalah Kesehatan Akibat Kekurangan Vitamin E

Kurangnya vitamin E dapat mempengaruhi kinerja otot. Pasalnya, vitamin E ini merupakan nutrisi esensial yang dibutuhkan bagi sistem saraf pusat. Vitamin E ini sangat dibutuhkan tubuh untuk memelihara struktur dan fungsi skeleton hingga otot halus. Pelemahan otot ini sangat berpengaruh terhadap aktivitas harian karena dapat membuat seseorang menjadi sulit berjalan atau melakukan kegiatan koordinasi lainnya.

5. Masalah Kesuburan

Tak Hanya Kulit Kering, Ini 5 Masalah Kesehatan Akibat Kekurangan Vitamin E

Vitamin E juga berperan dalam masalah kesuburan pria maupun wanita. Kekurangan vitamin E pada pria dapat mempengaruhi kualitas sperma yang dihasilkan sehingga sperma tidak bisa membuahi secara optimal. Pun bagi wanita, kekurangan vitamin E dapat menimbulkan kerusakan sel yang membuat dinding rahim tipis. Ketebalan dinding rahim sangat mempengaruhi proses pembuahan karena pada kondisi dinding rahim yang tipis, embrio tidak dapat berkembang secara sempurna.

Nah itulah beberapa dampak kesehatan akibat kekurangan vitamin E. Cobalah untuk melengkapi asupan vitamin E harian dengan mengkonsumsi makanan kaya akan vitamin E seperti kacang-kacangan, ikan, beberapa jenis minyak juga suplemen vitamin E jika perlu. Namun tetap ingat, meskipun sangat baik untuk kesehatan, perhatikan juga dosisnya ya, Moms.