Memilih Peralatan Makan Pertama Bayi: Sendok dan Garpu

Peralatan Makan Bayi Pertama, Harus Memilih yang Seperti Apa?
source: https://www.fortifiedfam.com/

Anak-anak biasanya mulai menggunakan sendok dan garpu secara mandiri pada usia sekitar 2 tahun, tetapi beberapa dari mereka mungkin sudah memulainya lebih cepat bahkan pada awal ia belajar makan. Nah, saat memperkenalkan alat makan pada bayi, Mommy sangat tidak direkomendasikan untuk memberikan peralatan makan dewasa dengan bahan logam. Hal ini mempertimbangkan beratnya dan risiko yang dapat membuat gigi dan gusi bayi luka. Sebaliknya, pilihlah alat makan berbahan dasar silikon yang lembut.


Wadah Makanan Bayi

Peralatan Makan Bayi Pertama, Harus Memilih yang Seperti Apa?
source: https://twitter.com/

Piring datar sangat tidak dianjurkan untuk diberikan pada bayi karena akan menyulitkan mereka untuk menyendok makanan. Jika Mommy berencana untuk mengajari anak makan sendiri lebih awal, pilih mangkuk dengan pinggiran yang lebih tinggi dan alas yang tidak licin. Beberapa mangkuk dengan bahan silikon atau karet di bagian bawah mangkuk dapat membuatnya stabil dan mencegah bayi menumpahkan makanannya. 

baca juga


Gelas untuk Balita

Peralatan Makan Bayi Pertama, Harus Memilih yang Seperti Apa?
source: https://www.verywellfamily.com/

Bayi dilahirkan dengan refleks mengisap saat ingin minum. Itulah sebabnya mereka perlu belajar lagi untuk bisa menggunakan gelas atau cangkir sebagaimana mestinya. tetapi mereka perlu belajar cara minum dari cangkir. Pastikan Mommy menyiapkan gelas yang memang akan memudahkan si kecil untuk belajar minum dengan baik. Pilih gelas dengan dua pegangan agar mudah dipegang dan cenderung stabil.


Kriteria Penting Saat Memilih Perlengkapan Makan Bayi

Peralatan Makan Bayi Pertama, Harus Memilih yang Seperti Apa?
source: https://www.amazon.com/

Secara keseluruhan, hal pertama dan terutama yang harus diperhatikan saat memilih peralatan bayi adalah hindari penggunaan bahan kaca karena berisiko mudah pecah. Mommy akan lebih dianjurkan memilih bahan plastik (bebas BPA), kayu, stainless steel, atau silikon yang lebih aman. Dari sisi kepraktisan, carilah opsi alat makan yang anti bocor, mudah dibersihkan dan nyaman digunakan anak-anak.

Jadi, itulah beberapa hal yang harus diperhatikan saat memilih alat makan untuk anak. Selamat mencari alat makan untuk si kecil, Moms!