Kasus Perkosaan 

Marital Rape Atau Perkosaan Suami Terhadap Istri, Mungkinkah?
source: https://www.thehealthsite.com/

Perkosaan adalah sejenis tindakan atau serangan seksual yang melibatkan hubungan seksual atau bentuk-bentuk penetrasi seksual lainnya. Tindakan dan serangan seksual ini dilakukan pada korban tanpa persetujuan dari orang tersebut. Dengan kata lain, tindakan pemaksaan untuk melakukan hubungan seksual adalah sebuah perkosaan.


Kasus Perkosaan dalam RUU P-KS

Marital Rape Atau Perkosaan Suami Terhadap Istri, Mungkinkah?
source: http://dubeat.com/

RUU P-KS yang kerap diperdebatkan juga turut mengangkat masalah perkosaan yang hingga saat ini terus memakan korban, khususnya perempuan. Yang menarik, perkosaan yang banyak diperbincangkan adalah kasus perkosaan dalam pernikahan yang tentu menimbulkan banyak perselisihan pendapat. Pasalnya, kebanyakan orang berpikir bahwa hubungan seksual dalam hubungan pernikahan merupakan hal yang sah untuk dilakukan. 

baca juga


Perkosaan dalam Pernikahan

Marital Rape Atau Perkosaan Suami Terhadap Istri, Mungkinkah?
source: http://www1.star2.com/

Salah satu argumen yang diungkap oleh para penolak RUU P-KS adalah bagaimana mungkin seorang suami memperkosa istrinya sendiri. Namun, banyak kasus menunjukkan bahwa perkosaan suami terhadap istri adalah hal yang memang terjadi. Jika kembali pada definisi perkosaan di mana perkosaan adalah tindakan memaksa hubungan seksual tanpa persetujuan dari orang lain, tentu ini juga akan berlaku pada pasangan yang tidak sah dan sah sekali pun. Apalagi jika pemaksaan dilakukan dengan kekerasan yang dapat melukai hingga menimbulkan trauma.

Marital Rape Atau Perkosaan Suami Terhadap Istri, Mungkinkah?
source: https://mustsharenews.com/

Di sisi lain, pemahaman sekelompok orang tentang kewajiban seorang istri untuk melayani suami menjadi salah satu benteng yang kuat untuk menolak undang-undang ini. Meskipun begitu, semoga perdebatan yang berlangsung dapat menjadi lebih produktif dengan pembahasan tentang keadilan bagi para penyintas dan korban kekerasan seksual.