1. Mintalah Sesuatu, Hindari Protes

5 Tips Agar Pertengkaran Rumah Tangga Tetap Sehat
source: https://www.verywellmind.com/

Saat pasanganmu melakukan hal yang tidak ingin kamu lihat, hindarilah untuk memprotesnya atas kesalahan yang dilakukannya. Sebaliknya, doronglah ia untuk melakukan hal yang sebaliknya. Berikan alasan mengapa kamu memintanya untuk memilih satu hal jika dibandingkan dengan yang lain. Cara ini akan lebih membangun dan menciptakan diskusi yang baik. Tentu akan jauh berbeda jika kamu memilih untuk protes dan memulai perdebatan.


2. Pahami Sudut Pandang Pasangan

5 Tips Agar Pertengkaran Rumah Tangga Tetap Sehat
source: https://www.verywellmind.com/

Menjalani hubungan pernikahan berarti kamu sudah sepakat dan setuju untuk berbagi persamaan dan menerima segala perbedaan. Pertengkaran yang terjadi karena perbedaan harus ditengahi dengan saling memahami sudut pandang dan pola pikir pasangan. Hal ini berlaku untuk kedua pihak sehingga diskusi akan lebih terbuka dan saling memahami.

baca juga


3. Jangan Takut dengan Ketidaksepakatan

5 Tips Agar Pertengkaran Rumah Tangga Tetap Sehat
source: https://www.foryourmarriage.org/

Ketidaksepakatan dalam hubungan tidak akan menjadi masalah besar jika kalian menerimanya sebagaimana kalian menerima segala kesepakatan yang ada. Istilah agree to disagree harus menjadi bagian dari prinsip kalian dalam berbagi kehidupan. Menerima pandangannya yang berbeda dan dia yang menerima pandanganmu yang berbeda akan menciptakan hubungan yang lebih harmonis penuh toleransi.


4. Hargai Satu Sama Lain Saat Bicara

5 Tips Agar Pertengkaran Rumah Tangga Tetap Sehat
source: https://lifehacker.com/

Dalam sebuah pertengkaran sangat wajar jika kamu harus mengalami perdebatan dengan mengutarakan argumen dan pendapat satu sama lain. Tapi, ingatlah untuk selalu memberikan ruang dan waktu untuknya berbicara. Saat ia bicara pastikan kamu mendengarkannya dengan saksama dan pahami dengan baik. Jangan mendengarkan untuk mematahkan atau meremehkan pandangannya. Ini akan memperburuk situasi.

baca juga


5. Jangan Memberi Label

5 Tips Agar Pertengkaran Rumah Tangga Tetap Sehat
source: https://www.bustle.com/

Hindari memberikan label "pembohong", "pembual", "boros", dan lain sebagainya pada pasangan. Sadarilah bahwa semua orang tidak akan nyaman dengan label yang diberikan atas kesalahan yang sudah dilakukannya. Sebaliknya, berikan masukan dan dorong ia untuk mengatasi kebiasaan atau perilaku buruknya. Dengan begitu pertengkaran akan lebih produktif mengarah pada hubungan yang membangun satu sama lain.