1. Tidak Membuat Daftar Kebutuhan

Moms, Hindari 5 Kesalahan Ini Saat Membeli Perlengkapan Bayi
source: https://www.smartparents.sg/

Mendata barang-barang dan perlengkapan apa saja yang diperlukan bayi adalah salah satu hal penting untuk menjaga agar pembelian kebutuhan bayi tetap dalam batas normal. Buatlah daftar barang-barang penting yang harus dibeli dan barang lain yang sekiranya bisa dipinjam atau sewa. Ingat, tidak semua perlengkapan bayi akan digunakan dalam jangka waktu lama.


2. Belanja karena Lapar Mata

Moms, Hindari 5 Kesalahan Ini Saat Membeli Perlengkapan Bayi
source: https://eco-globe.com/

Beragam pilihan baju bayi dengan model lucu dan manis kerap membuat para ibu kesulitan untuk tidak membelinya. Apalagi jika sudah berbelanja online. Keranjang belanja bisa tiba-tiba penuh dan total tagihan menjadi sangat membengkak. Hal ini memang sulit ditahan, apalagi jika Mommy terlalu banyak menghabiskan waktu luang menjelang persalinan dengan bermain gadget atau berjalan-jalan di pusat perbelanjaan. Pastikan untuk mengurangi kebiasaan melihat-lihat pakaian bayi kecuali memang ada yang ingin dicari.

baca juga


3. Tidak Memperhatikan Rekomendasi Usia

Moms, Hindari 5 Kesalahan Ini Saat Membeli Perlengkapan Bayi
source: https://honeykidsasia.com/

Hampir semua barang balita memiliki informasi tambahan mengenai rekomendasi usia anak yang bisa menggunakannya. Ini tidak hanya untuk pakaian yang tentunya harus menyesuaikan ukuran si kecil, tetapi juga untuk mainan dan barang-barang lainnya. Pastikan Mommy membaca detail rujukan barang yang ingin dibeli. Jangan sampai barang tersebut akan memenuhi tempat karena masih belum bisa digunakan oleh si kecil.


4. Tidak Mencari Perlengkapan Lungsuran

Moms, Hindari 5 Kesalahan Ini Saat Membeli Perlengkapan Bayi
source: http://busymoms.co.za/

Sebagian orangtua mungkin tidak ingin menggunakan barang bekas untuk anaknya. Namun, cobalah untuk mempertimbangkan ulang berapa banyak uang yang bisa dihemat jika Mommy tidak perlu membeli pakaian-pakaian bayi baru lahir yang hanya berguna beberapa bulan saja. Ingat, bayi akan tumbuh dengan sangat cepat. Mungkin Mommy perlu terus membeli pakaian baru mengikuti pertumbuhannya.

baca juga


5. Membeli Barang Termahal untuk Kualitas Terbaik

Moms, Hindari 5 Kesalahan Ini Saat Membeli Perlengkapan Bayi
source: https://www.webmd.com/

Terakhir, ingatlah bahwa tidak semua barang dengan harga mahal memiliki kualitas yang terbaik. Ada banyak sekali barang-barang perlengkapan bayi dengan harga standar yang sudah memenuhi kebutuhan si kecil dengan sangat baik. Pastikan untuk mencari review dan rekomendasi dari orang-orang terdekat untuk menemukan produk yang benar-benar sesuai untuk harga dan kualitas.