Apa Itu Patriarki?

Melekat di Indonesia, Ini Hal-hal yang Perlu Moms Ketahui Tentang Patriarki
source: https://yourdream.liveyourdream.org/

Patriarki secara tradisional mengacu pada sistem sosial dalam masyarakat di mana kekuasaan tertinggi dipegang oleh laki-laki. Dalam masyarakat patriarki, laki-laki menjadi seseorang yang berada pada kelas yang berkuasa. Hal ini dimulai dari peran laki-laki dalam mengepalai rumah tangga, menempati posisi tertinggi di tempat kerja, memimpin kelompok sosial dan menjalankan pemerintahan. 


Wanita sebagai Gender Nomor Dua

Melekat di Indonesia, Ini Hal-hal yang Perlu Moms Ketahui Tentang Patriarki
source: https://www.dailysabah.com/

Laki-laki yang menduduki segala kepemimpinan, baik itu dalam rumah maupun di tempat kerja dan pemerintahan, membuat wanita seakan-akan menjadi gender nomor dua. Peran wanita hanya berputar pada memenuhi kebutuhan rumah tangga. Bahkan, kalau pun bisa bekerja, jabatan dan gaji yang didapatkan oleh wanita tidak akan bisa mencapai sebagaimana karir laki-laki. Tentu hal ini sangat mengkhawatirkan.

baca juga


Perjuangan Melawan Patriarki

Sejak dulu, sudah ada banyak sekali aktivis dan pahlawan wanita yang memperjuangkan posisi wanita dan keadilan bagi wanita untuk menuntut posisi yang setara dengan laki-laki. Sebut saja Kartini yang memperjuangkan hak bersekolah bagi para perempuan yang dulunya dianggap hanya bertugas di rumah untuk memasak dan mengurus anak.

Melekat di Indonesia, Ini Hal-hal yang Perlu Moms Ketahui Tentang Patriarki
source: https://www.biography.com/

Meskipun masih panjang, perjuangan melawan patriarki harus dilakukan oleh semua wanita. Pahami juga bahwa wanita memiliki hak dan kewajiban yang sama dengan laki-laki sebagai individu di bumi ini. Wanita juga merupakan subjek dari segala aktivitas dan peran yang terjadi. 

baca juga


Mengajarkan Anak Konsep Kesetaraan

Melekat di Indonesia, Ini Hal-hal yang Perlu Moms Ketahui Tentang Patriarki
source: http://marieclaire.fetcha.co.za/

Selain itu, Mommy juga harus mulai mengajarkan si kecil nilai-nilai kesetaraan yang dimiliki oleh laki-laki dan perempuan. Salah satu ajaran agama yang juga bisa diangkat untuk menanamkan nilai ini adalah semua makhluk di dunia ini setara dan yang membedakannya hanyalah takwa. Mengajarkan nilai-nilai kesetaraan gender pada anak juga akan memberikan pendidikan yang lebih optimal bagi laki-laki dan perempuan tanpa perbedaan.