Gedung yang memiliki 28 lantai tersebut resmi ditutup pada tahun 2007 sehingga semua perusahaan yang menyewa gedung tersebut angkat kaki termasuk Kementrian Pembangunan Daerah Tertinggal. Sejak itulah gedung megah dengan arsitektur romawi ini berubah menjadi gedung kosong dan disebut-sebut sebagai ‘istana jin’. Kira-kira semistis apa sih moms Menara Saidah ini?

Sedang Trending, Ini 4 Kisah Horor di Menara Saidah yang Bikin Merinding
source: https://lifestyle.okezone.com

1. Kuntilanak merah bermuka rata

Kuntilanak merah, adalah salah satu makhluk halus yang sangat terkenal di Menara Saidah. Beberapa sumber mengatakan jika kuntilanak merah tersebut memiliki muka rata. Ada juga yang mengatakan jika kuntilanak tersebut memiliki muka yang rata. Ada pula yang mengatakan jika kuntilanak tersebut sudah tua dan berambut putih. Namun semuanya sepakat jika kuntilanak ini berwarna merah dan sering muncul di lantai 3. 

Menurut pengakuan salah seorang satpam yang hingga saat ini masih bertugas di sana, kuntilanak merah ini memang menjadi penghuni yang sangat sering menampakkan diri. Ada juga yang mengatakan jika di lobi menara tersebut setidaknya ada 5 kuntilanak merah. Konon katanya sebelum Menara Saidah berdiri, di tanah tersebut sebelumnya merupakan kompleks pemakaman. 

Sedang Trending, Ini 4 Kisah Horor di Menara Saidah yang Bikin Merinding
baca juga

2. Ada api dan obor yang sering berkeliaran

Beberapa orang mengatakan jika mereka sering melihat obor atau bola api yang berkeliaran di dalam Menara Saidah. Salah seorang karyawan yang tinggal di kost hanya beberapa ratus meter dari menara tersebut mengungkapkan jika saat ke luar kamar untuk memakai toilet ia menoleh ke arah Menara Saidah. Kemudian karyawan tersebut melihat semacam obor yang berkeliaran di lantai tertinggi. 

Selain itu, ada lagi pegawai engineering yang pernah melihat api ini. Saat itu pegawai tersebut sedang maintaining jalur transportasi di sepanjang Gatot Subroto. Ketika waktu istirahat saat dirinya harus lembur, ia merokok di halte tepat di seberang Menara Saidah. Kemudian ia melihat gumpalan api tampak berjalan dari satu lantai ke lantai lain hingga akhirnya ikut menghilang di puncak menara. 

Sedang Trending, Ini 4 Kisah Horor di Menara Saidah yang Bikin Merinding

3. Kelelawar penghuni puncak menara

Dalam sebuah forum terbesar di Indonesia, ada dua orang yang mengakui keberadaan kelelawar di puncak Menara Saidah. Ia melihat sosok kelelawar yang bertengger di puncak menara tersebut. Ia berujar jika bentuk kelelawar tersebut adalah setengah manusia dan nampak seperti penjaga istana makhluk halus yang ada di sana.

Sementara orang lain mengatakan jika kelelawar tersebut bertengger di atas tulisan ‘Menara Saidah’. Menurut orang yang memakai nama samaran ‘ragingblaze’ ini, kelelawar tersebut terkenal dengan sebutan Gargoyle. Dalam mitologi Yunani, Gargoyle adalah kelelawar setengah manusia yang menyamar menjadi patung. Jika berada di bawah sinar bulan Gargoyle bisa bergerak dan mengganggu orang lain. 

Sedang Trending, Ini 4 Kisah Horor di Menara Saidah yang Bikin Merinding
baca juga

4. Muncul suara tangisan

Lantaran sudah lama tidak berpenghuni, warga di sekitar menara seringkali menggunakan tanah kosong di belakang menara sebagai lapangan untuk berolah raga. Pada suatu hari berdasarkan pengakuan warga pernah suatu waktu mereka merekam video warga yang tengah bermain bola. Saat itulah tiba-tiba saja muncul suara tangisan wanita. 

Suara tangisan wanita ini pernah menghantui seluruh warga yang tinggal tepat di belakang Menara Saidah. Suara tangisan tersebut berasal dari pantulan tembok di gedung Menara Saidah.

Sedang Trending, Ini 4 Kisah Horor di Menara Saidah yang Bikin Merinding

Bertahun-tahun memang menara ini tak lagi ditinggali moms, kabarnya karena harga sewa yang mahal dan struktur bangunan miring yang membuat penyewanya khawatir.