Bagi sebagian orang, membaca adalah aktivitas yang membosankan dan kurang menarik. Padahal, selain bermanfaat menambah pengetahuan lebih, membaca memiliki banyak manfaat baik untuk kesehatan otak hingga jiwa. Sehingga membaca buku setiap hari memiliki pengaruh yang baik bagi diri sendiri.  

Menambah Kosa Kata

Pengetahuan tentang kosa kata penting didapatkan, dan tanpa kita sadari setelah membaca buku akan mendapatkan kosa kata baru yang sebelumnya tidak diketahui. Seseorang yang memiliki banyak pembendaharaan kata akan merasa percaya diri jika ingin menyampaikan pendapat atau berbicara mengenai sesuai dan ungkapan yang ingin disampaikan pun akan terlihat lugas.

Menambah Kosa Kata
baca juga

Menambah Pengetahuan

Tentu buku jenis apapun yang moms baca akan memberikan sebuah pengetahuan baik pengetahuan dasar maupun yang berat atau penting. Manfaat memiliki pengetahuan yang banyak akan berpengaruh bagi berbagai aspek kehidupan, dengan pengetahuan juga moms bisa menghadapi masalah dengan bijak. Tentu saja wawasan atau pengetahuan yang luas akan berguna sampai kapanpun.

Menambah Pengetahuan

Meningkatkan Kosentrasi

Membaca buku dapat memberikan manfaat untuk melatih dan meningkatkan konsentrasi moms. Ketika membaca buku, pikiran akan berfokus pada apa yang sedang dibaca dan mengabaikan beberapa hal di sekitar. Efek dari konsentrasi yang meningkat akan berdampak pula terhadap pekerjaan. Moms akan lebih konsentrasi dengan pekerjaan lain. Jadi biasakan membaca buku setiap hari minimal 20-30 menit.

Meningkatkan Kosentrasi
baca juga

Mengurangi Stress

Deadline yang menumpuk atau pekerjaan lainnya akan membuat pikiran penat dan jenuh hingga menyebabkan stress. Stress juga bisa disebabkan karena hubungan kita dengan orang lain yang kurang baik. Stress bisa sedikit diredakan dengan rutin membaca buku setiap hari. Rentetan kisah dan kata-kata yang berada di dalam buku memberikan dampak yang positif bagi pikiran. Pikiran akan menjadi lebih rileks karena akan fokus mengikuti cerita-cerita yang ada di dalam buku.

Mengurangi Stress

Melatih Keterampilan Menganalisa

Moms akan ikut terbawa alur cerita sehingga mulai menganalisa secara detail peristiwa yang terjadi hingga penyelesaian masalah. Sehingga membaca buku memberi manfaat melatih keterampilan membaca.

Melatih Keterampilan Menganalisa

Menstimulasi Mental dan Memori

Otak wajib dilatih agar tetap selalu sehat dan kuat sama halnya dengan organ tubuh lainnya. Aktivitas membaca buku memberikan manfaat terhadap otak agar selalu aktif sehingga otak akan melakukan fungsinya dengan baik. Moms yang terbiasa mengingat setiap kejadian di dalam buku, serta tokoh, dan latar cerita tanpa sadar akan melatih otak agar tidak mudah lupa. Dengan membaca pula dapat menurunkan risiko terkena Alzheimer.

Menstimulasi Mental dan Memori