Penyebab Nyeri Perut Saat Hamil

Ada beberapa penyebab yang bisa mengakibatkan perut Moms terasa nyeri saat awal kehamilan, diantaranya adalah

  • Perut bergas, Gas yang menumpuk pada perut selama kehamilan dapat membuat Moms merasa tidak nyaman.. Perut bergas disebabkan oleh meningkatnya kadar hormon progesteron yang dapat menyebabkan otot-otot pada saluran pencernaan beristirahat. Semakin banyak hormon ini dilepaskan oleh tubuh, maka saluran pencernaan Mommies akan bekerja lebih lambat. Jadi waktu yang dihabiskan makanan dalam usus besar lebih lama dan menyebabkan perut bergas.
  • Sembelit, Sembelit juga bisa menyebabkan munculnya rasa nyeri pada perut. hal-hal yang menyebabkan ibu hamil sembelit antara lain adalah kurang minum, kurang mengonsumsi makanan berserat, kurang aktif bergerak, dan efek samping dari pil zat besi atau pil penambah darah, juga dapat menyebabkan ibu hamil sembelit.
  • Round ligament pain, Terdapat dua ligamen yang terbentang dari rahim ke selangkangan. Fungsi ligamen ini adalah untuk menopang rahim. Saat rahim membesar dan meregang, ligamen pun juga ikut meregang. Hal inilah yang membuat Moms merasakan rasa sakit yang tajam di perut, panggul, atau selangkangan.
Penyebab Nyeri Perut Saat Hamil
source: https://www.alodokter.com/
  • Keguguran, Hal ini biasanya terjadi karena bayi tidak berkembang dengan baik. Pada saat akan mengalami keguguran, biasanya Moms akan mengalami kram perut, perdarahan, dan rasa sakit di tengah perut bagian bawah di waktu tertentu pada 12 minggu pertama kehamilan. Beberapa tanda lain dari keguguran adalah nyeri punggung, kontraksi setiap 5-20 menit, dan perdarahan berat. Jadi harus terus waspada ya, Moms.
  • Infeksi saluran kencing, Jika Moms merasakan nyeri di perut di bagian bawah diikuti dengan sakit saat buang air kecil, bisa jadi Moms mengalami infeksi saluran kencing. Sebaiknya segera periksakan ke dokter jika mengalami hal ini, karena jika dibiarkan dapat menimbulkan komplikasi.

Normalkah Nyeri Perut Saat Hamil?

Nyeri dan kram perut merupakan hal yang normal terjadi saat hamil. Ini bisa menjadi bagian dari proses perubahan tubuh Mommies saat hamil. Saat rahim Mommies membesar, maka akan ada tekanan pada otot, sendi, dan pembuluh darah. Sehingga, dapat menyebabkan ketidaknyamanan atau sakit di sekitar perut. Jadi Moms tidak perlu khawatir, ya.

Normalkah Nyeri Perut Saat Hamil?
source: https://www.haibunda.com/

Tapi Moms, ada beberapa hal penyebab nyeri perut saat hamil yang perlu Moms waspadai. Karena, penyebab nyeri perut yang Moms alami ini bisa jadi merupakan kondisi yang serius yang perlu penanganan dokter. Jadi tidak ada salahnya selalu berkonsultasi pada dokter kandungan Mommies, ya.