Wajar jika rasa lapar menghampiri saat jalani program diet. Namun, terkadang rasa lapar yang begitu besar memicu kita untuk mengonsumsi makanan dalam porsi lebih banyak sehingga diet pun gagal. Agar program diet tetap berjalan lancar, sebaiknya lakukan cara untuk menghindari rasa lapar di bawah ini, moms.

Konsumsi Yogurt

Yogurt mengandung nutrisi seperti asam amino, vitamin, mineral, dan energi. Hal tersebut yang menyebabkan yogurt sering dijadikan menu diet karena kandungan kalorinya yang rendah. Mengonsumsi diet di pagi hari dipercaya akan menstabilkan metabolisme tubuh serta mengatasi masalah sembelit. Mengonsumsi yogurt juga menjadi salah satu cara menghindari rasa lapar saat sedang diet karena berfungsi menciptakan rasa kenyang dalam jangka waktu yang lama.

Konsumsi Yogurt
baca juga

Banyak Minum Air Putih

Minum air yang sebelum menyantap menu diet menjadi cara yang efektif menahan rasa lapar. Minum air sebelum makan juga tidak membuat kalap mata saat makan. Perbanyaklah minum air putih minimal 1-2 liter per hari. Air yang masuk tubuh akan mengisi lambung dan mencukupi kebutuhan cairan tubuh sehingga akan menimbulkan rasa kenyang.  

Banyak Minum Air Putih

Konsumsi Makanan Kaya Serat

Mengonsumsi makanan yang berserat wajib apalagi bagi yang sedang menjalankan diet. Selain memperlancar sistem pencernaan, memakan makanan berserat juga merupakan cara untuk menahan rasa lapar dalam jangku yang lumayan lama. Makanan berserat dipercaya mampu membantu menurunkan berat badan, mengurangi risiko terkena obesitas, menurunkan kolesterol, dan mengontrol gula darah.

Konsumsi Makanan Kaya Serat
baca juga

Tidur Cukup

Saat melakukan diet, perasaan atau mood kadang menurun sehingga mudah marah atau stress karena menahan rasa lapar. Kurang tidur akan membuat kadar kortisol meningkat sehingga mudah merasa lapar dan ingin makan terus menerus. Sehingga saat berdiet pastikan tidur cukup karena tidur cukup bisa selain bisa meredakan stress, tidur cukup bisa menghindari rasa lapar dan mengontrol metabolisme.

Tidur yang cukup bisa menurunkan produksi insulin yang menyebabkan lemak menumpuk. Tak hanya itu, tidur yang cukup bisa mengontrol hormone ghrelin dan leptin, dimana jika hormone tersebut meningkat, perasaan lapar pun jadi meningkat.

Tidur Cukup

Mengonsumsi Makanan yang Mengandung Protein Tinggi

Mengonsumsi makanan berprotein tinggi seperti dada ayam, telur, yogurt, almond, dan oats bisa berefek terhadap tubuh agar tidap cepat merasa lapar. Makanan protein tinggi dicerna tubuh dalam waktu yang cukup lama sehingga rasa kenyang juga bertahan lama. Dengan makanan protein tinggi pula, glukosa darah akan stabil, serta dapat mencegah kehilangan masa otot.  

Mengonsumsi Makanan yang Mengandung Protein Tinggi