5 Cara Melatih Kemandirian Si Kecil, Cegah Jadi Anak Manja, Moms!

Biarkan Anak Menentukan Pilihannya Sendiri

Definisi mandiri adalah melakukan sesuatu atas inisiatif sendiri ya moms, dan itu artinya jika ingin anak mandiri maka latih anak untuk membuat keputusan. Keputusan di sini bisa diartikan untuk kegiatan sehari-hari misal, saat akan pergi biarkan anak memilih sendiri baju yang dipakai atau saat membelikan peralatan sekolah moms bisa membiarkan anak mengambil yang dibutuhkan. Dengan begitu, anak dapat belajar cara mengambil keputusan sendiri.

Biasakan Anak Mengerjakan Tugas Sekolahnya Sendiri

Saat memasuki usia sekolah anak tentu sudah memiliki tugas sekolah ya moms. Nah, walau menemani dan mengajari anak mengajarkan anak tugas sekolah itu baik namun adakalanya anak juga harus dibiarkan mandiri mengerjakan tugasnya. Jangan terlalu membantu, biarkan anak mencoba hal baru bisa membantunya melepas ketergantuan pada bantuan orang lain ya moms.

5 Cara Melatih Kemandirian Si Kecil, Cegah Jadi Anak Manja, Moms!

Memberikan Tugas Ringan

Sebagian besar pendapat menyebutkan jika kepribadian dan kebiasaan seseorang mulai terbentuk sedari kecil. Nah, karena itu jika ingin anak jadi mandiri mulailah dari hari ini. Moms dapat mulai mengajarkan mandiri pada anak dengan memberikan tugas ringan, seperti makan sendiri atau merapikan mainan yang sudah dipakai. Moms juga bisa biarkan anak untuk membeli sesuatu di tempat umum, tentu tetap dalam pengawasan. Dengan terbiasa melakukan hal tersebut anak akan terbiasa melakukan kegiatanya yang lain dengan mandiri.

Tegakkan Peraturan

Mengajarkan anak memang perlu bertahap dengan ketegasan juga ya moms. Karena itu penting bagi moms untuk selalu menegakan peraturan yang dibuat. Semisal anak sudah dapat mandiri menggunakan pakaiannya sendiri, maka hal itu harus dilanjutkan. Jangan sampai bila suatu saat anak mengrengek, maka moms langsung membolehkanya tidak mandiri. Dengan konsisten pada aturan akan membantu anak memahami mana hal yang harus dilakukan dan mana yang tidak boleh ya moms.

baca juga
5 Cara Melatih Kemandirian Si Kecil, Cegah Jadi Anak Manja, Moms!

Hargai Setiap Usahanya

Menurut Shanty Komalasari MPsi, Psikolog anak memberikan reward  adalah cara yang baik dalam menghargai kemandirian anak ya moms. Saat si kecil berhasil menumbuhkan sikap kemandiriannya sedikit demi sedikit, maka pastikan moms dan keluarga senantiasa memberikannya pujian.

Moms dapat menunjukkan atau mengungkapkan betapa bahaginya moms atas usaha yang telah dilakukan si kecil, bisa dengan pelukan atau hadiah kecil. Meski tampak sepele, tapi pemberikan apresiasi seperti ini dapat semakin membangkitkan semangat anak untuk terus maju dan mau mengembangkan sikap mandirinya.

Bagaimana moms informasi tadi, sudahkah pernahkah moms mempraktikannya pada buah hati? Dengan memandirikan anak itu sama artinya memberikannya bekal terbaik untuk buah semakin hebat dalam menjalani hari-harinya, terus semangat ya moms dan selamat mencoba.