Seperti Apa Tanda dan Cirinya?

Gejala intoleransi laktosa bisa ringan sampai parah, tergantung pada berapa banyak laktase yang dibuat tubuh. Gejala biasanya mulai 30 menit sampai 2 jam setelah si kecil makan atau minum produk susu. Jika si kecil memiliki intoleransi laktosa, gejala si kecil mungkin termasuk:

  • Kembung
  • Nyeri atau kram
  • Suara gemuruh atau gemuruh di perut
  • Gas
  • Tinja longgar atau diare 
  • Muntah
source: http://www.solusisehatku.com/


 

Kontraksi Usus

Tanda-tanda peringatan intoleransi laktosa ini bisa timbul di mana saja dari 30 menit sampai 2 hari setelah si kecil konsumsi produk susu, dan bisa berkisar dari ringan hingga berat. Sebagian besar reaksi langsung disebabkan oleh tubuh yang tidak memiliki enzim untuk mencerna gula
laktosa dan kontraksi usus sebagai reaksi.

Jika si kecil mengalami sakit kepala intoleransi yang terus berlanjut, migrain atau kembung dapat terjadi selama dua hari dari partikel yang tidak tercerna ini memasuki tubuh si kecil, terutama jika ia memiliki usus yang bocor.
 

source: https://perawatanbayi.com


 

baca juga

Tingkat Keparahan

Tingkat keparahan gejala intoleransi laktosa tergantung pada toleransi pribadi, dan jumlah yang dikonsumsi. Penting untuk dicatat bahwa tidak semua produk susu menyebabkan gejala intoleransi laktosa yang tidak menyenangkan ini.

Sebenarnya, yoghurt atau kefir dengan kultur aktif biasanya tidak menghasilkan gejala ini, karena kultur aktif membantu memecah laktosa sebelum dikonsumsi. Semakin lama makanan difermentasi, semakin sedikit kandungan laktosa sebagai probiotik sehat bertahan dengan mengonsumsi gula laktosa.

Bergantung pada tingkat keparahan intoleransi si kecil, mungkin perlu beristirahat dari susu sampai benar-benar sembuh. Diet Intoleransi Laktosa, itu tidak harus berlangsung selamanya.
 

source: https://www.thebump.com


 

Sakit Setiap Kali Mengsumsi Susu dan Produk Susu

Terkadang orang yang tidak pernah memiliki masalah dengan produk susu dan susu tiba-tiba memiliki intoleransi laktosa. Ini lebih umum saat si kecil bertambah tua. Banyak orang mengira mereka intoleran laktosa, karena gejala intoleransi laktosa adalah gejala yang sangat umum.

Jika si kecil merasa sakit setelah minum segelas susu satu kali, ia mungkin tidak memiliki intoleransi laktosa. Tapi jika ia merasa sakit setiap kali mengonsumsi susu, es krim, atau produk susu lainnya, mungkin memiliki intoleransi laktosa.
 

source: https://hellosehat.com


 

baca juga

Gejala Umum

Dalam kasus yang jarang terjadi, bayi yang baru lahir laktosa tidak toleran. Gejala pada bayi baru lahir termasuk diare berbusa parah, ruam popok, muntah, dehidrasi, kelemahan dan mudah tersinggung, dan memperlambat penambahan berat badan.
 

source: https://www.thesun.co.uk