Keputihan pada Wanita

Waspada Keputihan yang Bebahaya, Kenali Tanda-tandanya, Moms
source: https://www.avawomen.com/

Biasanya, keputihan akan muncul dengan warna bening atau putih. Teksturnya pun cenderung licin dan elastis selama ovulasi, sekitar dua minggu setelah periode menstruasi. Namun, cermati jika ada warna atau jumlah cairan, yang disertai dengan gejala lain. Pasalnya, itu dapat mengindikasikan bahwa Mommy memiliki infeksi serius di area kewanitaan.


Penyebab Keputihan

Waspada Keputihan yang Bebahaya, Kenali Tanda-tandanya, Moms
source: https://www.self.com/

Vagina pada dasarnya memang mengandung bakteri. Pertumbuhan bakteri ini dikendalikan dan dipengaruhi oleh banyak faktor berbeda, seperti kadar asam (pH) dan hormon. Apa pun yang mengganggu keseimbangan kondisi ini dapat meningkatkan risiko infeksi atau pertumbuhan berlebih dari bakteri normal atau ragi. Faktor-faktor pemicu tersebut antara lain:

  • Asupan antibiotik
  • Pil KB
  • Diabetes
  • Kehamilan
  • Pakaian ketat atau sintetis
baca juga


Penanganan Keputihan

Waspada Keputihan yang Bebahaya, Kenali Tanda-tandanya, Moms
source: https://www.bustle.com/

Infeksi bakteri yang menjadi penyebab keputihan biasanya diobati dengan antibiotik. Biasanya hanya satu dosis antibiotik yang diminum seperti biasa sudah cukup. Namun, ada pula pilihan lain dengan menggunakan antibiotik dalam bentuk krim atau gel vagina. Penggunaan krim vagina bisa lebih menenangkan bagi lapisan vagina yang meradang dan sakit.


Tanda Keputihan yang Berbahaya

Waspada Keputihan yang Bebahaya, Kenali Tanda-tandanya, Moms
source: https://www.avawomen.com/

Jika Mommy pernah memiliki infeksi jamur sebelumnya dan muncul gejala berulang yang serupa, Mommy dapat memulai perawatan dengan obat antijamur yang dijual bebas. Jika gejala tidak membaik, segera lakukan konsultasi dengan dokter. Apalagi saat Mommy mendapatkan keputihan yang tidak kunjung berhenti dan iritasi yang kerap terjadi. Jika Mommy mengalami sakit perut atau demam dengan keputihan yang tidak berhenti, segera lakukan pemeriksaan di hari yang sama.

Nah, itulah beberapa hal penting seputar keputihan yang perlu Mommy tahu. Pahami juga bahwa keputihan dengan warna yang tidak wajar seperti hijau, abu-abu, atau bahkan diikuti dengan bercak darah dapat menandakan infeksi vagina yang lebih serius. Jangan tunda pemeriksaan ke dokter untuk mendapatkan penanganan cepat dan tepat.